11 Desa Bolsel Selesai Dievaluasi RAPBDes 2019, Dua Desa Sudah Cair ADD Tahap I

Tim evaluasi Kabupaten Bolsel terus bekerja. Sampai Senin (11/03/2019), tercatat sudah 11 desa yang selesai dievalausi RAPBDes 2019.

11 Desa Bolsel Selesai Dievaluasi RAPBDes 2019, Dua Desa Sudah Cair ADD Tahap I
TRIBUNMANADO/NIELTON DURADO
Bolsel segera mendapat kucuran dana desa 

TRIBUNMANADO.CO.ID, MOLIBAGU-Tim evaluasi Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) terus bekerja. Sampai Senin (11/03/2019), tercatat sudah 11 desa yang selesai dievalausi RAPBDes 2019.

Tim evaluasi Pemkab Bolsel terdiri dari beberapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Diantaranya Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD), Badan Pengelolaan Keuangan dan Pendapatan Daerah (BPKPD), Inspektorat, Bagian Hukum dan Camat.

"Evaluasi (RAPBDes 2019) kita gelar sejak pekan lalu. Sampai hari ini sudah 11 desa," kata Kepala Dinas PMD, Deki Paputungan, melalui Kepala Bidang Pemerintahan Desa, Arfan Djafar.

Lanjutnya, evaluasi ini merupakan salah satu persyaratan untuk pencairan Alokasi Dana Desa (ADD) tahap I. Dari 11 desa tersebut, 4 desa sudah menerima rekomendasi pencairan. "Tapi, yang sudah cair di bank baru dua desa, yakni Desa Sakti dan Desa Linawan Satu," sebut Arfan.

Baca: KPU Bolsel Sosialisasi di Rumah Ibadah, Jelaskan Soal Lima Kertas Suara

Jumlah seluruh desa se-Kabupaten Bolsel sebanyak 81 desa. Dengan demikian masih 70 desa lagi yang belum dievaluasi. "Kita dahulukan yang lebih dulu mendaftar karena kita menilai mereka yang paling siap," kata Arfan.

Sejauh ini Tim Pemkab Bolsel mengevaluasi rata-rata dua desa perhari. Tapi, berikutnya akan diupayakan sampai tiga atau empat desa. "Karena target kami semua desa tuntas di bulan ini," sahutnya.

Sekadar informasi, sebagai desa tercepat menyusun RAPBDes 2019, Desa Sakti mendapat reward dari pemerintah daerah dengan penambahan pagu anggaran alokasi dana desa (ADD) tahun 2019.

“Reward yang diberikan sesuai janji Bapak Bupati Iskandar Kamaru, dengan indikator ketepatan penyampaian dokumen APBDes. Tapi, penambahan ADD baru dianggarkan pada APBD Perubahan tahun ini ,” tandasnya. (nie)

Berita Populer: Pelakor di Manado Ini Minta si Pria Bawa Istri Sahnya ke Rumah Sakit Jiwa: Tamo Bunung pa Ngana Yudi

Penulis: Nielton Durado
Editor: Herviansyah
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved