Berita Bitung

Tumbelaka: Duet Lomban Mantiri Pimpin Bitung Ideal, Ada Isu Pecah Kongsi di Pilwako Bitung Berikut

Pengamat Sulawesi Utara, Taufik Tumbelaka mengatakan Max J Lomban dengan latar belakang birokrat handal dan pernah mencapai puncak jabatan birokrat.

Tumbelaka: Duet Lomban Mantiri Pimpin Bitung Ideal, Ada Isu Pecah Kongsi di Pilwako Bitung Berikut
ISTIMEWA
Taufik Tumbelaka 

Tumbelaka: Duet Lomban Mantiri Pimpin Bitung Ideal, Ada Isu Pecah Kongsi di Pilwako Bitung Berikut

TRIBUNMANADO.CO.ID, BITUNG - Max J Lomban dan Maurits Mantiri telah tiga tahun memimpin Kota Bitung.

Duet keduanya dinilai banyak kalangan adalah perpaduan yang pas.

Pengamat Sulawesi Utara, Taufik Tumbelaka mengatakan Max J Lomban dengan latar belakang birokrat handal dan pernah mencapai puncak jabatan birokrat menjadi panglima dari para ASN atau Sekretaris Kota Bitung, bahkan pernah menjadi wakil wali kota.

"Sedangkan Maurits Mantiri adalah politisi handal dan matang yang pernah memegang jabatan-jabatan bergengsi termasuk saat ini menjadi Ketua PDI Perjuangan kota Bitung," ujarnya Senin (11/03/2019).

Rekam jejak mereka dapat dikatakan sulit dicari padanannya apalagi telah menyatu.

Perpaduan duet pemimpin Kota Bitung dengan latar belakang birokrat handal dan politisi handal ini dapat dikatakan sulit dicarikan bandingannya di antara duet pemimpin lainnya di Sulut.

"Selama memimpin Bitung, duet ini relatif menjadi kuat sehingga tidak aneh jika ada sejumlah langkah-langkah menarik yang diganjar dengan banyak apresiasi, seperti prestasi bersifat formal," katanya.

Seperti melalui salah satunya terus mempertahankan tradisi prestasi opini BPK-RI Wajar Tanpa Pengecualian terbanyak di Sulut, sampai kebijakan-kebijakan humanis seperti gerakan anti plastik dengan mewajibkan ASN membawa wadah minum sendiri (tumbler) yang saat ini diikuti banyak daerah bahkan kementrian dan lainnya.

"Kehandalan duet ini otomatis menguntungkan warga Kota Bitung karena kinerja dari duet pemimpin yang relatif cukup mumpuni, di mana secara politik duet ini memiliki legitimasi yang cukup kuat," katanya.

Halaman
12
Penulis: Finneke Wolajan
Editor: Alexander Pattyranie
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved