Tahun Politik, BI Prediksi Pertumbuhan Ekonomi Sulut di Kisaran 6, 2 Persen

Bank Indonesia (BI) optimistis pertumbuhan ekonomi Sulawesi Utara meningkat di tahun politik, 2019 ini.

Tahun Politik, BI Prediksi Pertumbuhan Ekonomi Sulut di Kisaran 6, 2 Persen
TRIBUN MANADO/FERNANDO LUMOWA
Arbonas Hutabarat MBA 

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO- Bank Indonesia (BI) optimistis pertumbuhan ekonomi Sulawesi Utara meningkat di tahun politik, 2019 ini.

Pemilu Legislatif dan Pemilu Presiden dipercaya membawa dampak positif bagi perekonomian Bumi Nyiur Melambai.

Kepala Kantor Perwakilan BI Sulawesi Utara, Arbonas Hutabarat mengatakan BI memperkirakan ekonomi Sulawesi Utara tahun 2019 akan tumbuh menguat dibandingkan tahun 2018 lalu yang berada di angka 6, 01 persen.

Pertumbuhan ekonomi Sulawesi Utara diperkirakan tumbuh menguat mencapai kisaran 6,1-6,4 persen (yoy). "Kita ambil tengahnya saja, di kisaran 6, 2 persen ya," ujar Arbonas, Minggu (10/03/2019).

Katanya, membaiknya pertumbuhan ekonomi Sulut di 2019 didukung oleh membaiknya konsumsi rumah tangga, serta masih kuatnya investasi dan ekspor.

Baca: Pertumbuhan Ekonominya Pesat dan Pendidikan Gratis, Anies Baswedan Memuji Negara Kecil ini

Sebelumnya, Deputi IV Gubernur BI Erwin Rijanto mengatakan akan mampu meningkatkan pertumbuhan ekonomi (PE) baik nasional maupun di daerah.

"Berkaca dari tahun-tahun sebelumnya, Pemilu selalu memberikan dampak positif bagi perekonomian," kata Erwin usah Sertijab Kepala BI Perwakilan Sulut dari Soekowardojo kepada Arbonas Hutabarat, Jumat lalu.

Pasalnya, Pemilu akan memacu perputaran roda ekonomi lebih cepat. Misalnya, caleg akan mengeluarkan biaya untuk pembuatan bahan kampanye. KPU akan belanja operasional, dan masih banyak lagi.

Baca: OJK Berantas Agunan Ganda: Sektor Ini Diincar Bank di Tahun Politik

"Konsumsi barang dan jasa meningkat.Dampaknya ke mana-mana, UMKM, percetakan, pelaku usaha lainnya akan merasakan manfaatnya," ujar Erwin.

Katanya, secara garis besar tahun politik itu potensi bagi ekonomi.Sejarah membuktikan Indonesia sudah semakin matang berdemokrasi dan jauh dari kekerasan.

"Buktinya, inflasi kita terjaga dalam lima tahun terakhir di angka 3 persen saja. Begitu juga pertumbuhan ekonomi yang tahun lalu mencapai rekor tertinggi," ujarnya. (ndo)

Berita Populer: Pelakor di Manado Ini Minta si Pria Bawa Istri Sahnya ke Rumah Sakit Jiwa: Tamo Bunung pa Ngana Yudi

Penulis: Fernando_Lumowa
Editor: Herviansyah
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved