News Analysis

Pengamat Sebut Naik Gaji Jelang Pemilu Picu Dugaan Politik

Kebijakan Presiden terkait gaji ASN yang konon akan digelontorkan pada April memang jadi menarik.

Pengamat Sebut Naik Gaji Jelang Pemilu Picu Dugaan Politik
ISTIMEWA
Taufik Tumbelaka 

Pengamat Sebut Naik Gaji Jelang Pemilu Picu Dugaan Politik

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO - Kebijakan Presiden terkait gaji ASN yang konon akan digelontorkan pada April memang jadi menarik.

Karena mendekati Pemilu Presiden (Pilpres), jika ada pihak yang mengaitkan langkah itu sebagai "permainan" politik guna kepentingan elektabilitas Pilpres, hal itu tentu sah-sah saja karena ditahun politik dan menjelang "injury time" maka segala sesuatu berpotensi dikaitkan dengan kepentingan politik.

"Kenaikan gaji mendekati hari pemilihan memang menimbulkan kesan kuat ada muatan politik karena memang dari sejarah politik Indonesia, para ASN kerap dimanfaatkan oleh pihak yang sedang ditampuk kekuasaan," ujar pengamat Taufik Tumbelaka.

Ini berawal dari era Rezim Soeharto yang menggunakan Birokrat atau PNS (sekarang ASN) sebagai salah satu mesin politik guna kepentingan politik.

Cara memanfaatkan Birokrat (otomatis dengan keluarganya) memang dianggap masih efektif dan berpengaruh cukup signifikan terhadap kepentingan politik.

Oleh karenanya sering kali dalam setiap hajatan politik kontestasi maka Birokrat (baca: ASN) menjadi salah satu andalan guna memperkuat elektabilitas.

Namun terlepas dari itu semua memang ada anggapan dari sejumlah kalangan jika gaji ASN dianggap belum memadai terutama di level staff atau eselon IV kebawah sehingga ada upaya dari Pemerintah untuk menyesuaikan gaji dengan tujuan kesejahteraan ASN dan diharapkan kinerja dari para ASN akan meningkat berbanding lurus dengan kenaikan "penghasilan".

(Tribun Manado/Finneke Wolajan)

BERITA POPULER:

Baca: VIRAL! Wanita Asal Manado Ini Bongkar Perselingkuhan Suaminya: Ngoni Ada Pigi Hotel Pake Kita Pe Doi

Baca: Kembali Terjadi Pembunuhan di Manado, Baharudin Tewas Kena Dua Tikaman di Tangan dan Dada

Baca: Pelaku Pembunuhan Baharudin di Titiwungen Diduga 2 Orang, Keluarga: Dia Kasiang Orang Bae-bae

TONTON JUGA:

Penulis: Finneke Wolajan
Editor: Alexander Pattyranie
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved