KPU Boltim TMS Warga Filipina Masuk DPT, Jamal: Tunggu Rekomendasi Bawaslu.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Boltim, akan menindaklanjuti temuan Badan Pengawas Pemilihan Umum( Bawaslu) terhadap warga asing (WNA) masuk DPT.

KPU Boltim TMS Warga Filipina Masuk DPT, Jamal: Tunggu Rekomendasi Bawaslu.
TRIBUNMANADO/VENDI LERA
Ketua KPU Boltim, Jamal Rahman 

TRIBUNMANADO.CO.ID, TUTUYAN- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Boltim, akan menindaklanjuti temuan Badan Pengawas Pemilihan Umum( Bawaslu) terhadap warga asing (WNA) masuk DPT.

Menurut Ketua KPU Boltim, Jamal Rahman, akan segera TMS warga asing masuk daftar pemilih tetap (DPT).

"Kami tinggal menunggu rekomendasi dari Bawaslu. Kami langsung akan TMS warga asing bernama Bobby Nabalitan (42) warga Filipina," ujar Jamal Rahman, Minggu (10/3/2019).

Kata dia, memang sudah ada laporan, namun masih menunggu rekomendasi dari Bawaslu. Sebab mereka yang menemukan warga asing tersebut di Kecamatan Nuangan.

Baca: Ratusan Nasib Tenaga Honorer Di Boltim Belum Jelas. Sofyan, SK Honorer Tidak Ada.

Pimpinan Bawaslu Boltim, Koordinator Divisi Pengawasan Hubungan Masyarakat dan Hubungan Antar Lembaga, Susanto Mamonto mengatakan, Bobby Nabalitan (42) warga Negara Filipina yang juga dikenal dengan nama Robby Francisco, tinggal di Desa Loyow, Kecamatan Nuangan, sejak 2007 lalu dan kabarnya telah mengikuti beberapa Pemilihan Umum (Pemilu).

"Dia telah memiliki keluarga dan mempunyai dua anak. Sekarang dokumennya seperti KTP sudah ditahan pihak Imigrasi," ujar Susanto Mamonto.

Lanjut dia, akan segera melakukan rekomendasi ke KPU Boltim, untuk melakukan penghapusan dalam DPT," ujar dia lagi.

Baca: KPU Boltim Sosialisasi 5 Surat Suara Pemilu 2019, Jamal: Banyak yang Belum Tahu Warna

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Rusmin Mokoagow mengatakan, harusnya ini menjadi pengawasan Sangadi di desa, tentang keberadaan WNA.

"Hingga kini saya belum tahu, kalau dia memiliki Kartu Keluarga. Jika ada tetap di kolom kewarganegaraan WNA bukan WNI," ujar Rusmin Mokoagow.

Ia menambahkan, tetap nama yang bersangkutan, tidak bisa terdaftar dalam DPT. Sebab dari segi persyaratan kependudukan tak memenuhi persyaratan. (ven)

Berita Populer: Pelakor di Manado Ini Minta si Pria Bawa Istri Sahnya ke Rumah Sakit Jiwa: Tamo Bunung pa Ngana Yudi

Penulis: Vendi Lera
Editor:
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved