Ini Prediksi TAC untuk Pileg Dapil Minut-Bitung

Pertarungan pileg DPRD Sulut di Daerah pemilihan (dapil) II Kabupaten Minahasa Utara (Minut) dan Kota Bitung, masih akan di dominasi oleh PDIP

Ini Prediksi TAC untuk Pileg Dapil Minut-Bitung
Tribun Manado/Ryo Noor
Pengamat Politik Sulut Taufik Tumbelaka 

TRIBUNMANADO.CO.ID- Lembaga studi sosial dan politik Tumbelaka Academic center (TAC) memprediksi dan menganalisa terkait pelaksanaan pemilihan umum (pemilu) legislatif 2019.

Khusus pertarungan pileg DPRD Sulut di Daerah pemilihan (dapil) II Kabupaten Minahasa Utara (Minut) dan Kota Bitung, masih akan di dominasi oleh PDI Perjuangan.

"Hasil survey kami PDIP masih perkasa, karena Line up nya tangguh di huni ketua DPRD Minut Berty Kapojos, istri wakil bupati Minut Jeivi Wijaya dan duo mantan calon walikota dan wakil walikota Bitung Hengky Honandar dan Fabian Kaloh serta Herry Rotinsulu mantan kepala dinas Kehutanan provinsi Sulut dan mantan penjabat Bupati Minut  dapat diandalkan mendulang suara signifikan pada pileg nanti," tulis Direktur Eksekutif TAC Taufik Tumbelaka kepada wartawan melalui pesan tertulis Minggu (10/03/2019).

Baca: Sesuai Hasil Survey Publik Puas Kinerja ODSK, Taufik Tumbelaka: Metodenya Jelas

Pada pileh 2014 PDI Perjuangan hanya meraih dua kursi di DPRD Sulut, yakni Adriana Dondokambey yang kini menjadi calon anggota DPR RI dan Eva Sarundajang.

TAC juga melihat diluar itu tampak terjadi "pertarungan" menarik antara Nasdem yang saat ini diposisi peluang 2 kursi plus, Partai Golkar (PG) dengan posisi peluang 1 kursi plus dan Gerindra yang posisi peluang sudah 1 kursi plus.

Nasdem memiliki 2 vote getter atau penarik / pendulang suara, Max J Lomban yang dikenal juga sebagai Walikota Bitung dan Vonny A Panambunan yang merupakan Bupati Minut, sedangkan Golkar mengandalkan Cindy Wurangian yang merupakan petahana, Denny Wowiling yang merupakan Ketua DPD II Minut dan tenaga baru potensial, Michael Jacobus yang di Pilwako Bitung lalu memperoleh lebih dari 7000 suara.

Di kubu Gerindra yang sudah tanpa Herry Tombeng mengandalkan isteri dari Wakil Sekjen DPP Partai Gerindra, Priscilia E Waworuntu dan tentunya akan dapat bantuan vote getter dari Herry Tombeng.

Prediksi TAC jelang 3 minggu hari pemilihan akan semakin ketat dan peta politik berpotensi berubah.

Baca: Taufik Tumbelaka Sebut PKB Berpeluang Geser Posisi PAN, PKS di DPRD Provinsi

"Jelang sekitar 3 minggu Pileg untuk dapil Minut - Bitung akan semakin hangat dikarenakan Nasdem, PG dan Gerindra akan semakin gencar guna memenuhi target politiknya, bahkan bukan tidak mungkin dengan melihat posisi sekarang maka ke 3 partai politik itu menaikan targetnya dan ini menyebabkan konstelasi politik bisa berubah", pungkas mantan aktivis mahasisw UGM Jogyakarta ini.

Untuk diketahui saat ini dari delapan kursi dapil Minut Bitung di DPRD Sulut hasil pileg 2014 , masih terbag rata. PDIP meraih dua kursi, Demokrat satu kursi Netty Agnes Pantouw, Gerindra ada nama Herry Tombeng, Golkar Cindy Wurangian, PKPI Denny Sumolang yang telah di PAW oleh Ariffin Dunggio, Nori Supi dari Nasdem dan Noldy Lamalo dari Hanura.(crz)

Berita Populer: Pelakor di Manado Ini Minta si Pria Bawa Istri Sahnya ke Rumah Sakit Jiwa: Tamo Bunung pa Ngana Yudi

Penulis: Christian_Wayongkere
Editor: Herviansyah
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved