Berita Terkini

Baru Diresmikan Jokowi, Ini Jalan Tol Terpanjang di Indonesia dengan Panjang 2.770 Km

Dari 2.770 kilometer panjang ruas tol yang akan dibangun, beberapa di antaranya telah beroperasi dan sebagian siap diresmikan

Baru Diresmikan Jokowi, Ini Jalan Tol Terpanjang di Indonesia dengan Panjang 2.770 Km
TRIBUNNEWS/HERUDIN
Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo (tengah), saat akan meluncurkan dimulainya pembangunan mass rapid transit (MRT) di sekitar bundaran HI Jakarta Pusat, Kamis (2/5/2013). Pada tahap pertama pembangunan MRT, yakni dari Lebak Bulus sampai Bundaran HI, jalur MRT akan terpasang sepanjang 15,7 kilometer. Proyek ini diperkirakan akan menghabiskan dana sebesar 125 miliar yen atau sekitar Rp 12,5 triliun. 

TRIBUNMANADO.CO.ID Baru Diresmikan Jokowi, Ini Jalan Tol Terpanjang di Indonesia dengan Panjang 2.770 Km

Perlahan tapi pasti, mimpi menyambungkan kota-kota di Pulau Sumatera dengan jalan bebas hambatan kian mewujud.

Dari 2.770 kilometer panjang ruas tol yang akan dibangun, beberapa di antaranya telah beroperasi dan sebagian siap diresmikan.

Salah satunya adalah Tol Bakauheni-Terbanggi Besar sepanjang 140,9 kilometer. Tol ini diresmikan Presiden Joko Widodo, Jumat (8/3/2019).

Baru Saja Diresmikan <a href='https://manado.tribunnews.com/tag/jokowi' title='Jokowi'>Jokowi</a>, Inilah Jalan Tol Terpanjang di Indonesia, Total akan Bangun 2.770 Km

 
Peresmian ini sekaligus menandai telah dibukanya jalan tol terpanjang di Indonesia.

Kajian pembangunan jalan tol ini sebenarnya telah dimulai sejak 2012 oleh Kementerian PUPR dan Kementerian BUMN.

Baca: Komentar Iwan Fals Lihat Jokowi Naik KRL: Saya Belum Pernah

Setelah itu pemerintah menugaskan PT Hutama Karya melalui Peraturan Presiden Nomor 100 tahun 2014 yang diperbaharui dengan Peraturan Presiden Nomor 117 tahun 2015.

Dalam Perpres tersebut, HK mendapat penugasan membangun dan mengusahakan 24 ruas Tol Trans Sumatera dengan prioritas pada delapan ruas sepanjang 644 kilometer, termasuk di antaranya Tol Bakauheni-Terbanggi Besar.

Penandatanganan Perjanjian Pengusahaan Jalan Tol (PPJT) dilakukan pada 4 September 2015 dan diikuti penerbitan Surat Perintah Mulai Kerja pada 19 Mei 2016.

Baca: Berani Terobos Paspampres, Lihat Aksi Ibu Ini Terhadap Presiden Jokowi

Halaman
123
Editor:
Sumber: TribunWow.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved