Berita Talaud

Asal Muasal Nama Desa Rusoh Talaud, Tumbuh Tanpa Ditanam Hingga Musim Panas Sekali

Desa Rusoh, sebuah desa di pesisir pantai Kabupaten Kepulauan Talaud yang menjadi garda terdepan negara kesatuan republik Indonesia (NKRI).

Asal Muasal Nama Desa Rusoh Talaud, Tumbuh Tanpa Ditanam Hingga Musim Panas Sekali
ISTIMEWA
Asal Muasal Nama Desa Rusoh Talaud, Tumbuh Tanpa Ditanam Hingga Musim Panas Sekali 

Asal Muasal Nama Desa Rusoh Talaud, Tumbuh Tanpa Ditanam Hingga Musim Panas Sekali

TRIBUNMANADO.CO.ID, MELONGUANE - Muncul sebuah cerita bermakna dan penting untuk diketahui hingga akan selalu diingat-ingat, pada pelaksanaan program Bakti Tentara manunggal membangun desa (TMMD) ke 104 di Desa Rusoh Kecamatan Beo Selatan, Kabupaten Kepulauan Talaud, Sulawesi Utara.

Desa Rusoh, sebuah desa yang terletak di pesisir pantai Kabupaten Kepulauan Talaud yang menjadi garda terdepan negara kesatuan republik Indonesia (NKRI) dan masuk ‎wilayah teritorial Kodim 1312/Talaud.

Lewat cerita‎ Elias Maga (74) warga Desa Rusoh, nama Rusoh diambil dari kata Narusohan yang dalam setempat (Talaud) memiliki arti tumbuh tanpa ditanam.

‎Diceritakan Elias pria paruh baya yang telah punya enam orang anak, tujuh orang cucu serta empat orang cece‎, awal mula desa/kampung Rusoh ini adalah hutan belantara kemudian di bakar oleh seorang petani yang bernama Arure, untuk di jadikan lahan pertanian.

Tidak di sangka setelah beberapa hari kemudian lahan yang di bakarnya tersebut tumbuh tanaman berupa Umbi jalar, Ketela Pohon, Jagung dan lainnya. Mengejutkan, semua tumbuhan itu tumbuh tanpa di tanam alias tumbuh sendiri.

Dengan melihat hal yang demikian, akhirnya Arure menetap tinggal bersama keluarganya di lahan tersebut sambil bercocok tanam, hinga makin bertambah banyak orang yang datang mendiami lahan itu sampai saat ini menjadi Desa Rusoh Kecamatan Beo Selatan Kabupaten Kepulauan Talaud.

"Sebagian penduduk disini bermata pencaharian petani, pengrajin anyaman Bika, pembuat Arang Tempurung (Batok Kelapa) dan nelayan," kata Elias.

‎Disisi lain, Desa Rusoh Kecamatan Beo Selatan Kabupaten Kepulauan Talaud, menurut Jimris Kobintang tua - tua kampung Desa Rusoh sering berguyon kalau di Desa yang terletak di beranda terdepan negara kesatuan Republik Indonesia musimnya juga dua panas dan panas sekali.

Saat bersamaan Desa tersebut tengah berlangsung proyek Tentara manunggal membangun desa (TMMD) ke 104 oleh Kodim 1312/Talaud, melibatkan unsur TNI AD, AL, Polri, masyarakat Desa dan Mahasiswa Unsrat yang sedang melakukan kuliah kerja terpadu (KKT).

Halaman
12
Penulis: Christian_Wayongkere
Editor: Alexander Pattyranie
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved