Tiga Tempat Spa di Kotamobagu Belum Urus Izin 2019

Tiga tempat Spa di Kota Kotamobagu sampai saat ini terdata belum memperpanjang izin usaha.

Tiga Tempat Spa di Kotamobagu Belum Urus Izin 2019
TRIBUNMANADO/HANDIKA DAWANGI
Eka Sukoco, Kepala Seksi Pelaporan dan Peningkatan Layanan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu 

TRIBUNMANADO.CO.ID, KOTAMOBAGU- Tiga tempat Spa di Kota Kotamobagu sampai saat ini terdata belum memperpanjang izin usaha.

"Ada tiga dari sembilan tempat Spa aktif yang belum memperpanjang perizinan SITU, SIUP, TDP," ujar Eka Sukoco Kepala Seksi Pelaporan dan Peningkatan Layanan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu, Selasa (05/03/2019).

Lanjut Eka saat ini sudah ada aplikasi terbaru yang langsung terkoneksi ke Pemerintah Pusat sebagai data jumlah pengusaha.

"Sesuai petunjuk pemerintah pusat untuk perpanjangan izin, sudah ada aplikasi Online Single Submission (OSS). Aplikasi ini digunakan di seluruh Indonesia," ujar Eka.

Di Kota Kotamobagu penggunaan OSS dimulai pada Januari 2019. Pengusaha bisa mengurus pajak melalui smartphone tanpa datang ke kantor.

Baca: Banyak Rumah di Manado Jadi Tempat Spa. Pemkot Lakukan Sidak dan Penyegelan

"Namun hanya izin berusaha yang pengurusannya bisa melalui OSS. Persyaratannya harus mempunyai Nomor Induk Berusaha," ujar dia.

Eka mengatakan meski pengurusan sudah bisa langsung melalui OSS namun untuk pengawasan tetap dilakukan oleh Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu.

"Ada peringatan SP1, SP2, hingga penarikan izin tempat usaha," ujar Eka.

Eka mengatakan kepada tiga tempat spa tersebut segera mengurus izin. "Selain gratis, caranya pun sudah semakin mudah,"ujar dia. (dik)

Berita Populer: Buktikan Masuk Polisi Tak Pakai Uang, M Ikram, Anak Pemulung Sujud di Kaki Ibu

Penulis: Handhika Dawangi
Editor:
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved