Longsor Tambang Bakan

Evakuasi Korban Tambang Bakan, Hari Ke-8 Tim Evakuasi 11 Kantong Jenazah

Langit-langit dari goa tambang Bakan turun atau mulai jatuh, sehingga diyakini para korban tertimbun, bukan terperangkap.

Evakuasi Korban Tambang Bakan, Hari Ke-8 Tim Evakuasi 11 Kantong Jenazah
Tribun Manado
Tim gabungan membawa kantong jenazah dari lokasi tambang PETI Super Busa, Desa Bakan, Lolayan, Bolmong, Selasa (5/3/2019). 

Laporan Wartawan Tribun Manado Maickel Karundeng

TRIBUNMANADO.CO.ID, LOLAK - Tim gabungan terus berupaya mengevakuasi para korban longsor di lokasi pertambangan emas tanpa izin (PETI) Super Busa, Desa Bakan, Kecamatan Lolayan, Kabupaten Bolaang Mongondow.

Pada hari ke-8 pascalongsor yang menutup goa tambang, Selasa (5/3/3019), tim sudah mengevakuasi 11 kantong jenazah, beberapa di antaranya berupa potongan tubuh korban.

Direktur Operasi Basarnas Brigjen TNI Budi Purnomo menyampaikan, memasuki hari ke-8, tim membagi dua kegiatan atau dua season evakuasi.

Yang ertama terhitung mulai dari tanggal 26 Februari sampai tanggal 3 Maret. Selama itu tim mengevakuasi 27 korban yang didapat.

Dari 19 orang yang semula selamat, 1 orang kemudian tidak lagi bisa ditolong sehingga korban meninggalnya menjadi 9.

Kemudian ada jeda waktu pada tanggal 28 Februari saat tim berhenti untuk proses pembukaan akses menuju goa tambang.

“Kita mendapatkan kesulitan di mana lokasi tersebut masih betul-betul kita ragu, apakah saat itu kondisi korban masih dalam keadaan hidup atau meninggal dunia,” kata dia.

Baca: UPDATE 34 Nama Korban Tambang Bakan, Lima Jenazah Teridentifikasi, Empat Potongan Tubuh Dikubur

Baca: Sang Bibi Ungkap Pesan Terakhir Julfikran Makainda, Korban Longsor Tambang Bakan

Saat itu Basarnas harus menggunakan rescue radar atau alat pendeteksi detak jantung dan nadi untuk memastikan korban di dalam radius 60 meter masih memiliki tanda-tanda kehidupan.

“Di hari berikutnya, tanggal 1 Maret, kita juga lakukan hal yang sama yaitu assessment. Kita memanggil tokoh agama dan tokoh adat untuk didoakan sebelum kita buka lubang. Yakin semua atas izin yang hadir di sana, perwakilan keluarga, kita buka lubang," ungkap Budi.

Halaman
12
Penulis: Maickel_Karundeng
Editor: maximus conterius
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved