Berikut Pengamatan Aktivitas Gunung Soputan Hari Ini

Asap kawah bertekanan lemah teramati berwarna putih dengan intensitas tipis dan tinggi 25 meter di atas puncak kawah.

Berikut Pengamatan Aktivitas Gunung Soputan Hari Ini
ISTIMEWA
Gunung Soputan 

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO -Laporan aktivitas Gunung Soputan (1809 mdpl), Minahasa Tenggara, Sulawesi Utara hari ini, periode pengamatan, Selasa (05/03/2019).

Cuaca cerah dan berawan. Angin bertiup lemah hingga sedang ke arah tenggara dan selatan. Suhu udara 18-20 C, kelembaban udara 0-0  persen, dan tekanan udara 0-0 mmHg.

Berdasarkan pengamatan secara visual dari KESDM, Badan Geologi, PVMBG Pos Pengamatan Gunungapi Soputan Fandy Ronald Rumimper, Gunung jelas kabut 0-I, kabut 0-II, hingga kabut 0-III.

Asap kawah bertekanan lemah teramati berwarna putih dengan intensitas tipis dan tinggi 25 meter di atas puncak kawah.

Baca: Kabar Gunung Soputan Hari Ini, Masyarakat Diimbau Tak Beraktivitas dalam Radius 4 Km dari Kawah

Kegempaan berupa guguran dalam jumlah 8, Amplitudo : 4-8 mm, Durasi : 10-68 detik. Hembusan dalam jumlah 3, Amplitudo 11-36 mm, Durasi  15-30 detik.

Tremor Harmonik dalam jumlah 1, Amplitudo 5 mm, Durasi 11 detik. Tektonik jauh dalam jumlah 1, Amplitudo : 12 mm, S-P  tidak terbaca, Durasi 220 detik. Saat ini Tingkat Aktivitas Gunung Soputan berada di Level III (Siaga)

Masyarakat diimbau agar tidak beraktivitas di dalam radius 4 kilometer dari puncak Gunung Soputan dan dalam wilayah sektor arah barat-baratdaya sejauh 6,5 kilometer yang merupakan daerah bukaan kawah, guna menghindari ancaman leleran lava dan awan panas guguran.

Baca: Hari Minggu Gunung Soputan Statusnya Siaga, Asap kawah Putih Terlihat

Mewaspadai terjadinya ancaman aliran lahar, terutama pada sungai-sungai yang berhulu di sekitar lereng Gunung Soputan, seperti Sungai Ranowangko, Sungai Lawian, Sungai Popang dan Londola Kelewahu.

Jika terjadi hujan abu, masyarakat dianjurkan menggunakan masker penutup hidung dan mulut, guna mengantisipasi terhadap gangguan saluran pernapasan.(vey)

Berita Populer: Buktikan Masuk Polisi Tak Pakai Uang, M Ikram, Anak Pemulung Sujud di Kaki Ibu

Penulis:
Editor:
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved