Berita Sitaro

Pembukaan Akses Batubulan-Nameng, Palandung: Kami Mohon Bantuan Gubernur dan BNPB

Akses ke Nameng adalah satu-satunya harapan warga Batubulan keluar kampung melalui jalur darat. Jika tidak, mereka harus menggunakan jalur laut.

Tribun Manado
Alat berat ekskavator disiapkan di Kampung Batubulan untuk membuka akses yang tertutup oleh material guguran lava Karangetang, Minggu (3/3/2019). 

Laporan Wartawan Tribun Manado Alpen Martinus

TRIBUNMANADO.CO.ID, SIAU - Pemerintah Kabupaten Sitaro meminta bantuan kepada Gubernur Sulawesi Utara dan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) untuk pembiayaan pembukaan akses jalan dari Batubulan ke Nameng, Kecamatan Siau Barat Utara.

Demikian Wakil Bupati John Palandung ungkapkan saat meninjau lokasi di Kampung Batubulan, Minggu (3/3/2019).

"Sekarang Dinas PU sudah melakukan pembukaan jalan dari Batubulan dan Niambangeng perlahan menggunakan alat berat yang berada di Batubulan," kata dia.

Untuk itu, ia menyampaikan langsung permohonan bantuan, khususnya pembiayaan untuk pembukaan akses jalan tersebut yang diperkirakan memakan anggaran cukup besar.

"Kami mohon bantuan Gubernur dan BNPB agar membantu pembiayaan pembukaan jalan, karena dibutuhkan anggaran sekitar Rp 25 miliar untuk itu," jelasnya.

Baca: Pemkab Sitaro Akan Bangun Rumah untuk Pengungsi dari Zona Bahaya Guguran Lava Gunung Karangetang

Baca: Pengungsi Erupsi Gunung Karangetang Masih Belum Dipulangkan

Akses ke Nameng adalah satu-satunya harapan warga Batubulan keluar kampung melalui jalur darat. Jika tidak, mereka harus keluar menggunakan jalur laut.

Jalur tersebut tertutup oleh guguran lava Gunung Karangetang yang erupsi pada bulan lalu.

Memang pekerjaan pembukaan akses tidak mudah lantaran harus melewati jalan terjal bahkan tebing batu yang harus diratakan.

Akses jalan tersebut memang jarang dilewati warga karena cukup ekstrem, meski hanya dengan berjalan kaki karena akses jalan kecil juga ada tebing curam.

Target pemerintah adalah membuka akses jalan tersebut meski baru bisa dilalui kendaraan roda dua. (*)

Penulis: Alpen_Martinus
Editor: maximus conterius
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved