Gubernur Sulut Berharap DPRD Selesaikan Target Perda

Gubernur Sulut, Olly Dondokambey berharap Propemperda 2019 lebih baik dari tahun sebelumnya.

Gubernur Sulut Berharap DPRD Selesaikan Target Perda
Tribun manado / Ryo Noor
Gubernur Sulut Olly Dondokambey 

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO - Pemprov Sulut mengapresiasi DPRD menetapkan Program Pembentukan Perda 2019. Gubernur Sulut, Olly Dondokambey berharap Propemperda 2019 lebih baik dari tahun sebelumnya.

"Harapan kami akan semakin optimal menuju kemakmuran. DPRD terus membahas, menyempurnakan kajian yang komprehensif, dan dapat disepakati bersama hingga jadi perda," kata dia.

DPRD Sulut masih dibayangi utang menyelesaikan Peraturan Daerah (Perda) inisiatif sendiri. Tahun lalu, ada 5 rancangan perda yang coba disahkan, sayang tak satu pun gol jadi perda.

5 rancangan Perda itu kembali masuk ke daftar Program Pembentukan Perda (Propemperda) 2019 bersama 14 rancangan perda lainnya.

Boy Tumiwa, Ketua Bapemperda DPRD Sulut mengatakan, ada 19 rancangan perda yang ditarget diselesaikan tahun. 2019, ia membenarkan 5 di antaenaya inisiatif DPRD

Ia akui tahun ini hingga tahun 2020 meruoakan tahun politik, Pileg dan Pilpres berlanjut Pilkada. Konsentrasi Anggota DPRD pasti terpecah antara turun ke lapangan dan fokus tugas di DPRD

"Situasi dan keadaan membuat kami harus turun lapangan, tapi kami tetap laksanakan tugas dan tanggung jawab," ujar Politisi PDIP ini.

Baca: DPRD Sulut Kejar Target Golkan 5 Rancangan Perda Inisiatif

Adapun 5 perda inisiatif DPRD itu bukan tanpa progres berarti. Emua dikerjakan dengan beraram tahap

Adapun 5 Ranperda dimaksud yakni Ranperda Fakir Miskin dan Anak terlantar, Ranperda Budaya dan Bahasa, Ranperd Pohon, Ranperda UMKM, dan Ranperda Minerba.

"Budaya bahasa sudah lebih setengah.  Kesepakatan mitra masing masing untuk tindaklanjuti. Perda UMKM juga sudah di tingkat komisi, sementara berjalan juga Perda Minerba," kata dia.

Halaman
12
Penulis: Ryo_Noor
Editor: Herviansyah
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved