BTN Targetkan Akuisisi Anak Usaha PNM

Tinggal selangkah lagi, Bank Tabungan Negara (BTN) akan memiliki anak usaha yang bergerak di bidang manajer investasi

BTN Targetkan Akuisisi Anak Usaha PNM
KONTAN/ Baihaki
Pelayanan nasabah BTN. 

TRIBUNMANADO.CO.ID, JAKARTA - Tinggal selangkah lagi, Bank Tabungan Negara  (BTN) akan memiliki anak usaha yang bergerak di bidang manajer investasi. Bank pelat merah ini menargetkan rencana akuisisi anak perusahaan Permodalan Nasional Madani (PNM), yakni PNM Investment Management (PNM IM) akan rampung di kuartal I 2019 ini.

Direktur Strategi, Risiko dan Kepatuhan BTN Mahelan Prabantarikso mengatakan, saat ini proses akuisisi tersebut memang masih dalam tahap due diligence, tapi sudah mulai mengerucut. "Banyak sebetulnya yang masih dibahas seperti masalah fisik. Mudahan-mudahan kuartal I ini tercapai." ungkapnya pada KONTAN, Kamis (28/2).

Sementara Direktur Utama PNM Arief Mulyadi memastikan, pihaknya dan BTN akan melakukan aksi korporasi  tahun ini. Keduanya saat ini masih duduk bareng melakukan pembicaraan dan diharapkan sinergi itu akan memberikan nilai tambah bagi PNM IM.

"Kalau hanya PNM dulunya cuma segitu, dengan BTN harus naik dong. Plus memberi benefit tambahan buat PNM dan si calon mitra. Apalagi kalo mitranya BUMN, sinergi dalam kerangka BUMN pasti akan memberi benefit buat semua." kata Arief.

PNM IM merupakan anak  usaha PNM  yang bergerak di bidang pengelolaan dana. Perusahaan ini telah berdiri sejak tahun 1996.

Sebelumnya, Maryono, Direktur Utama BTN mengatakan, pihaknya menganggarkan dana Rp 6,7 triliun untuk ekspansi secara anorganik tahun ini. Bank ini akan merealisasikan rencana untuk mengakuisisi dua perusahaan keuangan yang sudah direncanakan sejak tahun lalu yakni manajer investasi (MI) dan asuransi jiwa.

Bank ini ingin mencaplok perusahaan manager investasi guna menggarap potensi pendanaan jangka panjang setelah Badan Pengelolaan Tabungan Perumahan Rakyat (BP Tapera) beroperasi nanti. Maryono juga bilang, akuisisi perusahaan MI tersebut akan rampung dan diluncurkan di kuartal I 2019 ini.

Sementara terkait akuisisi asuransi jiwa, Maryono belum bisa menetapkan target karena masih dalam kajian. Rencana itu bertujuan memperkuat posisi BTN sebagai perusahaan keuangan.

BNP Paribas Getol Tawarkan Reksadana Lingkungan

BNP Paribas Investment Partner kian gencar meluncurkan reksadana indeks baru dengan konsep investing with an impact. Ini dilakukan untuk mendorong investor agar melakukan investasi sekaligus beramal.

Halaman
123
Penulis: reporter_tm_cetak
Editor: Lodie_Tombeg
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved