Pemprov Sulut dan Pertamina akan Buka Pangkalan LPG Ditiap Desa

Pemerintah daerah dan Pertamina berencana akan membuka pangkalan elpiji tiga kilogram di setiap desa tahun ini.

Pemprov Sulut dan Pertamina akan Buka Pangkalan LPG Ditiap Desa
TRIBUNMANADO/FINNEKE WOLAJAN
Suasana Rapat Elpiji 

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO- Pemerintah daerah dan Pertamina berencana akan membuka pangkalan elpiji tiga kilogram di setiap desa tahun ini. Sejumlah warga mengaku senang dengan program tersebut.

Meini misalnya, warga Kecamatan Kombi, Minahasa. Ia telah mengusulkan pembangunan pangkalan di desanya. Sudah ada surat keterangan usaha.

"Tinggal tunggu petunjuk dari pemerintah. Saya bula pangkalan karena jauh kalau beli elpiji ke kota. Jarak tempuh 18 kilometer ke kota. Kan repot kalau harus bolak-balik karena elpiji, belum transport. Di kampung sebelah ada, tapi kan jatahnya terbatas," katanya Jumat (01/03/2019).

Baca: Pertamina: Pemerintah Jalankan Fungsi Pengawasan BBM dan Elpiji

Sebelumnya, Branch Manager Marketing Pertamina Suluttenggo Addieb Arselan mengatakan perlu ada bantuan untuk pembangunan pangkalan elpiji tiga kilogram bagi warga.

"Akan ada pemberdayaan masyarakat. Buka pangkalan butuh Rp 220 juta, kalau untungnya tiap bulan hanya Rp 300 ribu, siapa yang mau. Makanya perlu ada bantuan, perlu ada insetif," katanya.

Pertamina dan Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara akan membuka pangkalan di tiap desa satu. Ada 3.000an desa di Sulut dan baru ada 2.700-an pangkalan. "300an lah yang belum ada pangkalan, tapi sebenarnya lebih. Karena akses," ujarnya.

Berita Populer: Harga Premiun Turun: Begini Penjelasan Pertamina Manado

Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara dalam hal ini Bagian Ekonomi menggelar rapat bersama kabupaten kota dan Pertamina, Kamis (28/02/2019). Rapat ini membahas soal elpiji bersubsidi tiga kilogram.

Dalam rapat ini, kabupaten dan kota diwakilkan oleh bagian ekonomi yang mengurus soal elpiji tiga kilogram ini. Kepala Bagian Ekonomi Pemprov Sulut Sonny Runtuwene dan Branch Manager Marketing Pertamina Suluttenggo Addieb Arselan memimpin rapat ini. (fin)

Baca: 3 Anak di Kontrakan Tumumpa yang Ditinggalkan Orangtua, Ibunya Ternyata Sempat Berkunjung Rabu Malam

Penulis: Finneke Wolajan
Editor: Herviansyah
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved