BNN Manado Sampaikan Jangan Takut untuk Direhablitiasi

BNN Kota Manado menggelar penyampaian atau sosialisasi Inpres nomor 6 tahun 2018 sebagai strategi baru dalam memerangi Narkoba.

BNN Manado Sampaikan Jangan Takut untuk Direhablitiasi
TRIBUN MANADO/CHRISTIAN WAYONGKERE
BNN Manado Sampaikan Jangan Takut untuk Direhablitiasi 

BNN Sampaikan Jangan Takut untuk Direhablitiasi

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO - Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Manado menggelar penyampaian atau sosialisasi Inpres nomor 6 tahun 2018 sebagai strategi baru dalam memerangi Narkoba, di Kantor BNN Kota Manado Kamis (28/02/2019).

AKBP Eliasar Sopacoly kepada badan Narkotika Nasional Kota Manado menjelaskan‎ ada empat rencana aksi (ran) pencegahan dan pemberantasan penyalahgunaan dan peredaran gelap Narkotika dan prekursor Narkotika (P4GN), yang akan dilakukan BNN Kota Manado dalam memerangi Narkoba.

"Jadi untik Ran P4GN yang pertama adalah pencegahan, pemberantasa, rahabilitasi dan penelitian," jelas Eliasar kepada wartawan di kantor BNN Manado, Kamis (28/02/2019).

Dijelaskannya dari empat Ran P4GN masing-masing memiliki rencana aksi, untuk pencegahan ada 22 rencana aksi, pemberantasan 15, rehabilitasi 8 dan penelitian 3 rencana aksi.

Khusus untuk rehabilitasi di BNN Kota Manado sendiri anggarannya tidak ada atau tidak dipunggut biaya, melainkan untuk komseling dan asessment dari APBN kepada BNN.

Di Kota Manado jenis psikotropika, sehingga pihaknya berharap dorongan dari semua pihak kepada pemerintah Kota Manado supaya ada panti rehab di Kota Manado.

"Karena kita disini belum ada, sehingga korban penyalahgunaan narkoba sering tidak di hiraukan mau dibawah kemana, jauh dari keluarga sehingga beberapa korban rehabilitas yang dibawa ke pusat rehab lari dengan alasan tidak tahan dan jauh dari keluarga," jelas dr Graf staf di BNN Manado dan dibenarkan kepala BNN Manado.

Kata kepala BNN Manado AKBP Eliasar Sopacoly, Walikota Manado sudah sempat memberi signal positif untuk keberadaan panti rehab di Kota Manado dan kami BNN Kota Manado menaruh harapan itu agar bisa terealisasi.

"Kalau ada di Manado prose pemulihan cepat, karena selama ini yang dilakukan rehabilitasi rawat jalan. Kalau yang menginap ada si tapi milik swasta di Papakelan Minahasa," harap Eliasar.

BNN Manado Sampaikan Jangan Takut untuk Direhablitiasi
BNN Manado Sampaikan Jangan Takut untuk Direhablitiasi (TRIBUN MANADO/CHRISTIAN WAYONGKERE)
Halaman
12
Penulis: Christian_Wayongkere
Editor: Alexander Pattyranie
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved