Trump: Korut Bisa Seperti Vietnam jika Bersedia Melaksanakan Denuklirisasi

Jelang pertemuan dengan Pemimpin Korea Utara, Kim Jong Un, Presiden Amerika Serikat Donald Trump melontarkan pujian

Trump: Korut Bisa Seperti Vietnam jika Bersedia Melaksanakan Denuklirisasi
tribun jogja
Donald Trump 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Jelang pertemuan dengan Pemimpin Korea Utara, Kim Jong Un, Presiden Amerika Serikat Donald Trump melontarkan pujian.

Melalui kicauannya di Twitter, Trump berusaha merangkum pendekatan unik sebagai presiden dan ketajaman insting bisnisnya bisa mencairkan hubungan AS dan Korut.

Trump yang sebelumnya berkata bagaimana dia "jatuh cinta" dengan Kim, menyatakan Korut bisa belajar dari Vietnam, negara yang dulunya berselisih dengan AS kini jadi mitra dagang.

"Korut bisa seperti Vietnam, bahkan lebih cepat jika bersedia melaksanakan denuklirisasi," kata Trump dikutip AFP Rabu (27/2/2019).

"Potensinya sangat MENGAGUMKAN, peluang yang sangat jarang ditemui oleh teman saya Kim Jong Un. Kami akan tahu secepatnya. Sangat menarik!" imbuhnya.

Trump melakukan apa yang tak bisa dilakukan para pendahulunya semasa aktif, membawa Pemimpin Korut untuk saling bertatap muka.

Baca: Tempuh 60 Jam, Ini Alasan Kim Jong Un Pilih Naik Kereta Bertemu Donald Trump di Hanoi

Baca: Rupiah Tekan Dolar AS di Bawah Rp 14.000: Positif Hadapi Pertemuan Donald Trump - Xi Jinping

Namun, rencana pertemuan kedua yang bakal dilaksanakan mulai Rabu ini hingga Kamis (28/2/2019) mulai diliputi tekanan.

Sebabnya pertemuan pertama di Singapura Juni 2018 lalu hanya berakhir dengan pernyataan berisi janji "denuklirisasi menyeluruh di Semenanjung Korea".

Sejak di Singapura, baik Washington maupun Pyongyang saling melontarkan definis "denuklirisasi" yang menurut mereka benar.

Meski saat ini Korut hampir setahun tidak melaksanakan tes nuklir, mereka juga tak menunjukkan sikap bakal menyerahkan senjata mereka.

Fakta itu membuat Trump kini dihadapkan harus membuat keputusan konkret, atau berisiko dikritik karena dipermainkan pemimpin yang berusia setengah dari dirinya.

Baca: Sri Mulyani: Indonesia Perlu Siapkan Beberapa Hal untuk Hadapi Revolusi Industri 4.0

Presiden 72 tahun itu membela diri dengan menyerang oposisi Partai Demokrat untuk berhenti memberi tahu apa yang harus dia lakukan.

"Mereka harusnya bertanya kepada diri mereka sendiri mengapa mereka tak melakukannya selama delapan tahun pemerintahan Barack Obama?" tanya Trump.

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan link http://www.tribunnews.com/internasional/2019/02/27/ucapan-donald-trump-ke-kim-jong-un-korut-bisa-belajar-dari-vietnam.

Editor: Rhendi Umar
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved