Pemda dan DPRD Alokasi Rp 2 Miliar untuk TMMD di Talaud

Tentara manunggal membangun Desa (TMMD) ke 104 yang dilaksanakan oleh TNI AD selama 30 di Desa Rusoh Kecamatan Beo Selatan Kabupaten Kepulauan Talaud

Pemda dan DPRD Alokasi Rp 2 Miliar untuk TMMD di Talaud
Istimewa
Bupati Talud Sri Wahyumi Manalip bersama Dandrem 131/santiago usai pembukaan TMMd ke -04 

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO- Tentara manunggal membangun Desa (TMMD) ke 104 yang dilaksanakan oleh TNI AD selama 30 di Desa Rusoh Kecamatan Beo Selatan Kabupaten Kepulauan Talaud mendapat respons positif dari Sri Wahyumi Manalip Bupati Talaud.

"TMMD ini sangat penting mengingat daerah ini masih kategori terpencil, dengan adanya program ini bertujuan untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat di daerah," kata Bupati Sri kepada wartawan Rabu (27/2/2019).

Pada pembukaan Selasa kemarin di lapangan Sangkudiman Melonguane Bupati perempuan pertama di Bumi Porodisa bertindak sebagai inspektur upacara. Kata Sri ‎pelaksanaan pembukaan TMMD merupakan program lintas sektoral yang melibatkan unsur TNI pemerintah dan semua elemen masyarakat.

Secara umum TMMD dilaksanakan untuk membangun infrastruktur, meningkatkan wawasan kebangsaan dan membangun persatuan dan kesatuan bangsa dalam konteks menjaga keutuhan NKRI.

Baca: Danrem: Alasan TMMD ke-104 di Talaud Karena Beranda Terdepan NKRI

TNI bersama pemerintah daerah serta elemen masyarakat terus mendukung program pemerintah dalam percepatan serta peningkatan akselerasi pembangunan di daerah, meningkatkan kesejahteraan masyarakat serta meningkatkan wawasan kebangsaan di dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara, terlebih dengan program Presiden Joko Widodo dalam nawacita khususnya membangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah - daerah dalam kerangka negara kesatuan.

"Program TMMD bersifat gotong royong untuk membangkitkan peran masyarakat sebagai makhluk sosial. Dan yang paling terpenting lagi adalah membangun daerah menjadi lebih berkembang dari sebelumnya. Dalam berbagai aspek kehidupan, program TMMD menjadi salah satu solusi sekaligus sebagai bentuk peran nyata dalam percepatan pembangunan daerah," kata Manalip

Dia berharap kegiatan TMMD dapat mendorong terbentuknya inovasi masyarakat dalam membangun wilayahnya guna mencapai masyarakat yang mandiri dan sejahtera.

"Tentunya kita harapkan bersama bahwa kegiatan ini bisa memberikan dampak positif bagi masyarakat kabupaten kepulauan Talaud. Pemerintah daerah bersama DPRD telah mengalokasikan anggaran untuk kegiatan yang dilaksanakan di desa Rusoh ini sebesar kurang lebih Rp 2 miliar," tandasnya.

TMMD kali ini mengusung tema "Melalui TMMD Kita Tingkatkan Kebersamaan Umat Serta Semangat Gotong Royong Dalam Kehidupan Berbangsa dan Bernegara Guna Mewujudkan Ketahanan Nasional"

Baca: BMKG Maritim Bitung Beri Peringatan Gelombang Tinggi di Perairan Sangihe dan Talaud Hingga 4 Meter

Hadir pada pembukaan kemarin, Dandim 1312/ Talaud Letkol (Arm) Gregorius Eka Setiawan, Danlanal Melonguane Letkol ( Mar ) Augustinus Purba, Kapolres di wakili Wakapolres Kompol Maria Boki Buida, Kajari Talaud di wakili Kasi Pidum Bobby Selang, Ketua Pengadilan Negeri Kelas II Melonguane Yulius Cristian Handratmo, Ketua DPRD Max F M Lua, Kepala Kantor Kementerian Agama Yahya Wahidin Pasiak, Koordinator SP RRI Talaud Priets P Pareda bersama sejumlah pejabat instansi vertikal lainnya, Sekda Adolf Binilang bersama sejumlah pejabat tinggi pratama, eselon III dan IV di lingkup pemda, tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh adat dan tamu undangan lainnya nampak menghadiri kegiatan.(crz)

Berita Populer: Pasangan Selingkuhan Diciduk Polisi Saat Berduaan Dalam Mobil

Penulis: Christian_Wayongkere
Editor: Herviansyah
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved