Danrem: Alasan TMMD ke-104 di Talaud Karena Beranda Terdepan NKRI

Terpilihnya Talaud sebagai objek program TMMD karena wilayah tersebut merupakan beranda terdepan NKRI di Provinsi Sulawesi Utara

Danrem: Alasan TMMD ke-104 di Talaud Karena Beranda Terdepan NKRI
Istimewa
Pembukaan TMMD ke-104 di Lapangan Sangkudiman Melonguane Talaud. Sebagai irup Bupati Talaud Sri Wahyumi Manalip 

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO- Program TNI AD Tentara manunggal membangun Desa (TMMD) ke 104 di Desa Rusoh, Kecamatan Beo Selatan Kabupaten Kepulauan Talaud resmi dibuka melalui upacara di lapangan Sangkudiman Melonguane, Selasa (26/02/2019).

Sri Wahyumi Manalip Bupati Kabupaten Kepulauan Talud mendapat kehormatan menjadi inspektur ucapara, Danramil 1312 - 04/ Rainis Kapten ( Inf ) Markus Tilaar sebagai komandan upacara‎, dihadiri Danrem 131/ Santiago Brigjen TNI Joseph Robert Giri bersama sejumlah perwira menengah Korem dan Kodim jajaran serta tamu undangan lainnya.

Komandan Korem 131/ Santiago Brigjen TNI Joseph Robert Giri mengatakan untuk tahun ini Kabupaten Kepulauan Talaud mendapatkan kehormatan sebagai tempat pelaksanaan operasi bhakti TNI melalui TMMD ke - 104 yang dipusatkan di Desa Rusoh, Kecamatan Beo Selatan .

Terpilihnya Talaud sebagai objek program TMMD karena wilayah tersebut merupakan beranda terdepan NKRI di Provinsi Sulawesi Utara.

Baca: Besok TMMD ke-104 Dibuka, Bakal Bangun Kantor Bersama Tiga Pilar

"Dulunya pelaksanaan TMMD hanya dua kali dalam setahun. Namun atas permintaan masyarakat kita tingkatkan menjadi tiga kali. Dan untuk tahun 2019 ini, untuk TMMD ke - 104 kita pusatkan di Talaud. Mengapa Talaud ?, karena Talaud adalah beranda terdepan NKRI di Provinsi Sulawesi Utara," ujar Dandrem melalui pesan tertulis yang diterima Tribunmanado.co.id, Selasa (26/2/2019).

Lebih jauh dijelaskan Giri, dalam pelaksanaannya TMMD memiliki dua sasaran, yakni Fisik dan Non Fisik. Adapun jumlah personil TNI - Polri dibantu masyarakat yang turun dan dilibatkan pada kegiatan tersebut sebanyak kurang lebih 400 orang.

Personel TNI Polri sekitar 150 orang, dengan sasaran fisik sudah mulai dilaksanakan, tetapi yang paling utama adalah sasaran non fisik guna membangun mental dan kualitas dari masyarakat untuk tetap berada dalam koridor NKRI.‎

Tidak hanya TMMD, ditambahkannya pada bulan Maret 2019 mendatang jajaran Korem 131/ Santiago melalui Kodim 1312/ Talaud juga akan menggelar operasi teritorial ( Ops Ter ).

Baca: TMMD Ke-104 di Talaud, Personel TNI Buka Akses ke Lokasi Air Terjun Ampas Taduna

"Anggaran dari Mabes TNI untuk operasi teritorial sebesar kurang lebih dua milyar rupiah. Ini disasarkan kepada masyarakat Talaud agar kesejahteraannya terdongkrak. Disinilah kepedulian kita dan wujud negara hadir untuk masyarakat, sehingga kita dapat bersama - sama menjaga keutuhan NKRI ," jelasnya.‎

Bupati Kepulauan Talaud Sri Wahyumi Maria Manalip mengungkapkan bahwa masyarakat Kabupaten Kepulauan Talaud pada intinya sangat mengapresiasi dan berbangga atas atensi dari TNI.

"‎Kami sangat berbangga karena TNI hadir di wilayah perbatasan, dan ini sesuai dengan program Nawacita Bapak Presiden yaitu membangun dari pinggiran. Kami pemerintah daerah bersama DPRD juga sudah mengalokasikan anggaran untuk membantu TMMD yang dipusatkan di Desa Rusoh," ucap Manalip.‎

Baca: Satgas TMMD Laksanakan Proyek Tinggal di Rumah Warga, Wellie: Mereka Saya Anggap Seperti Anak

Senada dengan Manalip, anggota Komisi I DPRD Talaud Godfried Timpua menuturkan lewat pelaksanaan program TMMD, kesejahteraan masyarakat dan daerah akan mengalami peningkatan.

"Tentunya kami sangat mengpresiasi dan memberikan reward atas digelarnya kegitan ini. Dan ini tentunya akan memberikan dampak positif bagi masyatakat dan daerah," kata Timpua.‎

Adapun susunan pasukan upacara terdiri dari, 1 SST Korsik , 1 SSK Satgas TMMD ke - 104, 1 SSK Kodim 1312/Tld, 1 SSK Lanal Melonguane, 1 SSK Brimob, 1 SSK Polres , 1 SSK Pol PP dan ASN, 1 SSK Kepala Desa dan Masyarakat, 1 SSK Pelajar SMK Negeri 1 Melonguane dan 1 SSK Pramuka gabungan SMA, SMP dan SD.

Pembukaan TMMD ke - 104 ini juga diisi dengan penyerahan bantuan pendidikan bagi siswa/siswi berprestasi , penyerahan bantuan sembako, penampilan tari intata, penampilan grup Pato - pato ( seni menari sambil bernyanyi ) , penampilan tari gemu famire, goyang tobelo, baksos bazar sembako murah dan pengobatan gratis.(crz)‎

Berita Populer: BREAKING NEWS: Puluhan Penambang Emas di Bakan Bolmong Tertimbun Longsor

Penulis: Christian_Wayongkere
Editor: Herviansyah
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved