Olahraga

Jelang Pra-PON, Hasil Tes Fisik dan Kesehatan Bakal Diseminarkan

Tim kerja persiapan kualifikasi Pra-Pekan Olahraga Nasional (Pon) 2019 telah selesai dengan program tes fisik dan kesehatan.

Jelang Pra-PON, Hasil Tes Fisik dan Kesehatan Bakal Diseminarkan
TRIBUN MANADO/CHRISTIAN WAYONGKERE
Jelang Pra-PON, Hasil Tes Fisik dan Kesehatan Bakal Diseminarkan 

Jelang Pra-PON, Hasil Tes Fisik dan Kesehatan Bakal Diseminarkan

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO - Tim kerja persiapan kualifikasi Pra-Pekan Olahraga Nasional (Pon) 2019 telah selesai dengan program tes fisik dan kesehatan.

Dr Joy Rattu ketua tim kerja mengatakan, tes yang berlangsung dua gelombang di KONI Sulut ‎selesai pada Sabtu pekan lalu diikuti 500 lebih atlet dari 16 cabang olahraga (cabor).

"Hasilnya akan kami sampaikan dan diskusikan dalam satu seminar pekan depan," kata dr Joy kepada wartawan Selasa (26/02/2019).

Dalam penyampaian hasil tes fisik dan kesehatan akan didiskusikan kelebihan dan kekurangan per individu atlet, dan diberikan kesempatan kepada pelatih dan cabor untuk menentukan apakah atlet yang bersangkutan akan dilanjutkan pada tahap selanjutnya atau tidak.

"Final untuk berangkat atau tidak ke Pra PON adalah keputusan cabor dan pengurus. Kami tim kerja lewat tes ini menilai dari segi imilah, seperti contoh kalau hasil dari atlet sprint diatas 11/12 detik tidak per diikutsertakan. Karena untuk mencapai waktu 9, detik perlu berlatih berbulan-bulan sampah bertahun-tahun," ujarnya.

Tes fisik dan kesehatan ini merupakan acuan untuk menyusun program di masing-masing cabor menghadapi Pra PON sampai PON 2020 di Papua.

Atlet yang tidak ikut tidak akan di tes lagi, karena tim kerja sudah berkali-kali sampai jadwal pelaksanaan tes dilakukan dua gelombang pertama (15-16/02/2019) dan kedua (23/02/2019).

Lanjut dr Joy mengingatkan kepada beberapa cabor yang tidak melakukan tes bisa melakukan tes ditempat mereka berlatih, supaya pihaknya bisa mendapat data untuk direkapitulasi.

"Kami akan inventarisir bahwa ada laporan atlet yang tengah latihan di Jakarta, Bandung dan sejumlah daerah sesuai dengan domisili namun akan membela Sulut di ajang Pra PON dan PON sehingga diberikan dispensasi," kata dia.

Halaman
12
Penulis: Christian_Wayongkere
Editor: Alexander Pattyranie
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved