Berita Minsel

Oknum Aparat Desa Pinapalangkow Pelihara Babi di Tengah Pemukiman Warga

Warga setempat sudah mengeluhkan keberadaan peternakan yang berada di tengah permukiman itu.

Oknum Aparat Desa Pinapalangkow Pelihara Babi di Tengah Pemukiman Warga
TRIBUN MANADO/JUFRY MANTAK
Oknum Aparat Desa Pinapalangkow Pelihara Babi di Tengah Pemukiman Warga 

Oknum Aparat Desa Pinapalangkow Pelihara Babi di Tengah Pemukiman Warga

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO - Meski kerap dikeluhkan warga setempat, pemilik peternakan babi yang juga diketahui sebagai salah satu oknum aparat di Desa Pinapalangkow, Kecamatan Suluun Tareran, Kabupaten Minahasa Selatan, Sulawesi Utara, bergeming.

Meski warga setempat sudah mengeluhkan keberadaan peternakan yang berada di tengah permukiman itu, yang diduga tidak memiliki saluran pembuangan limbah dan diduga tidak berizin itu, namun tetap saja oknum aparat Desa tersebut terus membiarkan kandang babi miliknya.

"Bau busuk dari kandang itu sangat mengganggu kami. Bukan hanya mengenai hilang selera makan, namun pastinya kami gampang dapat penyakit akibat kandang tersebut," ujar Meilany Tumober, yang halaman rumahnya hanya berjarak 5 meter dengan kandang babi tersebut.

Menurut Meilany, kandang babi milik salah satu oknum aparat di Desa setempat sudah kurang lebih setahun beroperasi.

"Hal ini sudah menyalahi aturan sebagaimana diatur dalam Undang-undang No 32 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup," tambahnya.

Dijelaskannya, selama itu, pembuangan limbah kotoran dan sisa pakan kebanyakan mengalir di selokan dan baunya sangat pengap.

"Orangtua saya sudah menyampaikan hal itu ke Kepala Jaga, tapi sampai saat ini belum ada tindakan dari pihak terkait," ungkapnya.

"Mungkin, apakah karena sih pemilik oknum aparat desa setempat, sehingga semaunya mereka menternak hewan babi di seblah rumah warga ?," sesal Tumober.

Menanggapi informasi tersebut, Camat Suluun Tareran Vecky Rondonuwu, yang juga warga Desa Pinapalangkow, Kecamatan Suluun Tareran, saat dikonfirmasi wartawan tribunmanado.co.id, lewat WhatsApp pribadinya, mengatakan, dia baru mendengar keluhan ini.

Halaman
12
Penulis: Jufry Mantak
Editor: Alexander Pattyranie
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved