Robby Dondokambey Ikut Tradisi Warga Nusa Utara

Wakil Bupati Minahasa Robby Dondokambey SSi menghadiri Pagelaran Upacara Adat Tulude di Desa Sawangan Kecamatan Tombulu Minahasa

Robby Dondokambey Ikut Tradisi Warga Nusa Utara
Istimewa
Wakil Bupati Robby Dondokambey saat menghadiri pesta adat Tulude di Desa Sawangan Kecamatan Tombulu 

TRIBUNMANADO.CO.ID, TONDANO- Wakil Bupati Minahasa Robby Dondokambey S.Si, bersama Wakil Ketua TP-PKK Kabupaten Minahasa Martina Lengkong menghadiri Pagelaran Upacara Adat Tulude masyarakat Desa Sawangan keturunan Nusa Utara di Desa Sawangan, Kecamatan Tombulu, Sabtu (23/02/2019).

Diawali dengan penyambutan tamu dengan Kue Tamo yang merupakan hidangan utama dalam acara ini.

Wakil Bupati Minahasa, Robby Dondokambey S.Si, dalam sambutannya menyampaikan makna dari Tulude yang menolak untuk terus bergantung pada masa lalu dan bersiap menyongsong hari depan.

Baca: Wabup Robby Dondokambey Tanam Padi di Desa Tincep, Beber Alokasi Dana ke Sektor Pertanian

"Setiap berkat maupun kegagalan di hari-hari sebelumnya adalah bagian dari rancangan Tuhan untuk memberi motivasi dan semangat dalam menyongsong hari depan yang penuh harapan,” ujar wabup RD.

Dikatakannya, saya apresiasi masyarakat Desa Sawangan yang terus menjaga kearifan lokal budaya masyarakat Nusa Utara di Kabupaten Minahasa lewat penyelenggaraan pagelaran upacara adat tulude yang adalah wujud ucapan syukur atas kasih Tuhan bagi masyarakat Nusa Utara di Desa Sawangan.

Baca: Hadiri HUT Ke-14 GMIM Diaspora Kamangta, Wabup Robby Dondokambey Sebut Ada Insentif bagi Tokoh Agama

“Masyarakat Nusa Utara di Kabupaten Minahasa hadir untuk memperkaya budaya tanah Minahasa, untuk itu kelangsungan perayaan ini harus terus dijaga dan dilestarikan. Tradisi tulude ini kiranya mempererat kerukunan umat beragama, suku dan budaya masyarakat di Kabupaten Minahasa,” ujar wabup RD.

Dalam Upacara adat Tulude, yang menjadi puncak acara adalah Pemotongan Kue Tamo (Tumpeng). Kue adat tamo mengandung arti yang khusus yaitu lambang tuan pesta kepada tamu, raja seluruh santapan yang dihidangkan di pesta. (eas)

Berita Populer: Pemerkosaan Siswi SMA di Manado oleh Penjaga Sekolah, Kapolsek: Tersangka Tidak Mau Mengaku

Penulis: Andreas Ruauw
Editor: Herviansyah
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved