Segarnya Mandi di Danau Dua Warna ‘Pasar Hutan Ranolewo’

Konon tempat ini merupakan danau dimana para pejuang Minahasa tempo dulu (Walak) membersihkan diri usai berperang

Segarnya Mandi  di Danau Dua Warna ‘Pasar Hutan Ranolewo’
tribunmanado
Danau Ranolewo 

TRIBUNMANDO.CO.ID, MINAHASA - Sulawesi Utara itu provinsi yang kaya dengan tempat-tempat wisata. Yang terbaru adalah destinasi wisata Pasar Hutan Ranolewo.

Destinasi ini terdapat danau berwarna hijau dan biru. lokasinya di Desa Toraget, Kecamatan Langowan Barat, Kabupaten Minahasa.

Jika berkunjung ke Sulawesi Utara, tepatnya di Kabupaten Minahasa, sempatkan diri berkunjung ke danau berwarna ini.

Di sini, pengunjung akan dikenakan biaya Rp 5.000 untuk masuk saja dan jika ingin mandi juga ada biaya sendiri.

Danau kecil yang hampir serupa dengan Danau Linow yang ada di Tomohon ini terbentuk secara alami.

Selain air hangat dan berwarna hijau, indahnya pemandangan yang dikelilingi sawah, pepohonan dan bunga-bunga bisa dinikmati.

Valentine Kindangen (24) Salah seorang pengunjung mengatakan dirinya awalnya tidal tahu lokasi ini Dan hanya mengetahui lewat sosial media.

"Saya awalnya hanya penasaran saja dengan warna danau yang katanya lebih dari satu, karena sebelum ini saya juga sempat mengunjungi danau Linouw di Tomohon," katanya.

Selain turis domestik, danau ini juga menjadi tempat favorit warga sekitar atau para petani setempat untuk mandi atau sekadar bersantai usai bekerja.

Konon tempat ini merupakan danau dimana para pejuang Minahasa tempo dulu (Walak) membersihkan diri usai berperang. “Dari situlah nama Ranolewo/Malualewo yang berarti Penuh Darah,” ujar penjaga danau WelIy Rondonuwu (72)

Danau ini berjarak sekitar dua kilometer dari pemukiman warga Desa Toraget. Jarak yang harus ditempuh sepanjang dua kilometer, dengan medan jalan yang cukup rusak.

Sumber air panas yang ada di sekitar danau ini ada tujuh titik, sudah termasuk danau biru, dan hijau dengan suhu yang bervariasi antara 35 derajat celcius hingga 100 derajat.

"Jadi sebelum pengunjung masuk kemari saya selalu memperingatkan mereka agar berhati-hati dalam melintas di tepi danau karena beberapa diantaranya bersuhu sangat tinggi," ujar Welly. (*)

Penulis: Andreas Ruauw
Editor: Charles Komaling
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved