Ingin Diperlakukan Setara, Dua Orang Wanita Melarikan Diri Dari Arab Saudi Menuju Ausralia

Dua orang perempuan asal Arab Saudi dikabarkan telah melarikan diri dari keluarga mereka dan kini tengah bersembunyi di Hong Kong.

tribunnews
ilustrasi wanita arab 

TRIBUNMANADO.CO.ID-Dua orang perempuan asal Arab Saudi dikabarkan telah melarikan diri dari keluarga mereka dan kini tengah bersembunyi di Hong Kong.

Ini menjadi kasus kedua yang mencuat tentang upaya pelarian wanita Saudi dari kerajaan setelah sebulan sebelumnya muncul kasus Rahaf Mohammed al-Qunun yang kini mendapat suaka di Kanada.

Dilansir AFP, Jumat (21/2/2019), dua perempuan bersaudara yang menggunakan nama Reem dan Rawan, mengatakan dalam sebuah pernyataan melalui pengacara mereka bahwa mereka telah keluar dari Islam dan takut akan hukuman jika dipaksa kembali ke Arab Saudi.

Disampaikan oleh perwakilan kedua perempuan itu, dua bersaudara berusia 20 dan 18 tahun itu mengaku telah mendapat kekerasan dan pelecehan di negaranya.

Keduanya lantas melarikan diri ke Hong Kong pada September tahun lalu, setelah mendapat kesempatan saat liburan keluarga ke Sri Lanka.

Kedua perempuan itu berencana untuk terbang ke Australia.

Namun saat berada di bandara Hong Kong, keduanya dicegat oleh seorang utusan kerajaan, yang mengambil paspor mereka dan membujuk mereka untuk kembali ke Arab Saudi.

Kedua perempuan bersaudara itu kini telah hidup bersembunyi di kota itu selama hampir enam bulan.

Mereka menceritakan kisah mereka melalui media sosial Twitter, dengan akun @HKsisters6.

"Kami melarikan diri dari rumah kami demi keselamatan kami. Kami berharap dapat diberikan suaka di negara yang mengakui hak-hak perempuan dan memperlakukan mereka secara setara," kata pasangan itu dalam pernyataan yang dibagikan oleh pengacara, Michael Vidler.

Halaman
12
Editor:
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved