12 Ton Sampah di Kotamobagu Tak Masuk TPA

Kotamobau memproduksi 62 ton produksi sampah per hari. Terdiri dari 50 ton masuk TPA dan sisanya ke bank sampah, tempat pengolahan sampah terpadu

12 Ton Sampah di Kotamobagu Tak Masuk TPA
TRIBUNMANADO/HANDIKA DAWANGI
Petugas kebersihan di Kotamobagu yang sedang mengangkut sampah ke dalam truk 

TRIBUNMANADO.CO.ID, KOTAMOBAGU- Pemerintah Kota Kotamobagu ikut mensukseskan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) yang diperingati 21 Februari 2019.

Hari ini Jumat (22/02/2019) seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) tak terkecuali pimpinan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) ikut turun dengan sapu lidi dan membersihkan sampah di Kompleks Jalan Serasi.

Pemerintah Kotamobagu juga mendukung program pengurangan sampah plastik dengan mengimbau agar pada pelaksanaan rapat tidak menggunakan kemasan plastik.

Data Dinas Lingkungan Hidup (DLH) jumlah produksi sampah di Kotamobagu setiap hari yakni 62 ton.

Baca: Produksi Sampah Kotamobagu Naik 20 Persen per Hari

"62 ton produksi sampah per hari. Terdiri dari 50 ton masuk TPA dan sisanya ke bank sampah, tempat pengolahan sampah terpadu, dan lapak non formal tempat pengolahan pribadi masyarakat," ujar Kasi Limbah B3 Dinas Lingkungan Hidup Haidir Mondo kepada Tribun Manado.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Alfian Hasan mengatakan DLH terus melaksanakan pengolahan sampah setiap harinya. Untuk mengurangi sampah plastik, Alfian meminta ada dukungan dari semua pihak.

"Kepedulian masyarakat juga diperlukan. Bukan hanya di lingkungan ASN saja kita mengurangi sampah plastik. Tetapi bagaimana mengubah pemikiran masyarakat agar tidak membuang sampah sembarangan," ujar Alfian.

Alfian mengatakan sangat diharapkan ada tindakan nyata dari masyarakat.

"Kalau berbelanja ke pasar misalnya agar membawa tas sendiri. Bukan tas yang habis pakai. Ini untuk meminimalisir penggunaan sampah plastik. Terutama bagi ibu-ibu yang berbelanja di pasar," ujar Alfian.

Selanjutnya kata Alfian untuk meminimalisir sampah plastik ini juga membutuhkan dukungan instansi diluar pemerintah. "Sudah ada tindakan nyata yakni dari Polres dan PLN. Diharapkan BUMN lain ikut berpartisipasi," ujar dia. (dik)

Berita Populer: Siswi SMA di Manado Diperkosa Penjaga Sekolah: Korban Diancam Sebar Videonya hingga Diminta Pindah

 
 

Penulis: Handhika Dawangi
Editor: Herviansyah
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved