Hotman Paris Hutapea Bantah Berkomentar terkait Debat Capres Kedua

Pengacara Hotman Paris Hutapea membantah telah memberikan pernyataan terkait debat calon presiden yang membahas kepemilikan lahan.

Hotman Paris Hutapea Bantah Berkomentar terkait Debat Capres Kedua
tribun wow
Hotman Paris Hutapea 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Pengacara Hotman Paris Hutapea membantah telah memberikan pernyataan terkait debat calon presiden yang membahas kepemilikan lahan. Hotman Paris bahkan mengancam akan membawa semua pihak yang mendistribusikan berita bohong terkait dirinya ke jalur hukum.

Hotman Paris Hutapea melontarkan bantahan tersebut setelah beredar pemberitaan yang menyatakan dirinya memberikan pernyataan soal debat capres yang membahas kepemilikan lahan. Pembahasan ini terkait dengan pernyataan Calon Presiden nomor urut 01 Joko Widodo yang mengungkap luas lahan milik Calon Presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto di Kalimantan Timur dan Aceh.

"Dengan konsekuensi saya akan menempuh upaya hukum, baik itu pidana maupun perdata," ujar Hotman dalam keterangan yang diterima Tribunnews.com, Selasa (19/2).

"Khususnya terkait sindiran kepada Pak Jokowi atas tanah di Kalimantan yang diungkapkan di debat kedua capres yang seolah-olah lahan tersebut terkait dengan Pak Prabowo," imbuh Hotman.

Hotman Paris membantah pernah memberikan pernyataan kepada wartawan sebuah media. Hotman mengaku saat debat capres berlangsung dirinya sedang berada di Denpasar, Bali.

"Bahkan pada saat debat berlangsung pada tanggal 17 Februari 2019, saya sedang berada di Denpasar, Bali, menghadiri pernikahan anak Pak Ajik/Krisna (pengusaha oleh-oleh). Saya baru kembali ke Jakarta pada siang hari," kata Hotman.

Terkait perkara tanah di Kalimantan yang dimiliki oleh Prabowo Subianto, Hotman Paris Hutapea memang pernah menangani empat kasus di PTUN Samarinda melawan perusahaan asal Inggris Churchill Mining PLC, yang disebut Hotman dengan istilah "Super Kakap" pada 2013. "Saya memang memenangkan empat perkara itu secara terus menerus dari tingkat pertama hingga tingkat Peninjauan Kembali (PK)," ujarnya.

Perkara tersebut, ditegaskan Hotman, bukan mengacu kepada perkara perebutan lahan. "Melainkan perkara tumpang tindih Ijin Usaha Pertambangan (IUP)," pungkas Hotman.

Nama Hotman Paris Hutapea disebut menjadi pengacara perusahaan Prabowo Subianto yang menguasai lahan Hak Guna Usaha bernama PT Kaltim Nusantara Coal. Hotman Paris Hutapea memberikan klarifikasi berita soal pernyataannya melalui video yang diunggah ke media sosial melalui akun Instagramnya @hotparisofficial, Selasa (19/2). Hotman menyatakan kabar yang beredar tersebut sebagai berita bohong alias hoaks.

"Saya tidak pernah membuat pernyataan apapun. Saya tidak pernah diwawancarai, saya tidak pernah membuat pernyataan tersebut," kata Hotman.

Hotman juga menegaskan dirinya tidak memihak capres manapun. Dirinya berada dalam pihak yang netral. "Saya tidak pernah membuat pernyataan apa pun karena saya netral dalam bidang politik. Salam Hotman Paris,"ungkap Hotman menutup videonya. (Tribunnews/den)

Penulis: reporter_tm_cetak
Editor: Lodie_Tombeg
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved