Ramai Survei, 3 Caleg PDIP Sulut Urutan Teratas JWS, H2M dan AD

Beberapa hari belakangan ramai beredar di media sosial poling online Caleg DPR RI daerah pemilihan Sulawesi Utara (Sulut)

Ramai Survei, 3 Caleg PDIP Sulut Urutan Teratas JWS, H2M dan AD
ISTIMEWA
Direktur Eksekutif Tumbelaka Academic Centre, Taufik Tumbelaka 

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO- Beberapa hari belakangan ramai beredar di media sosial poling online Caleg DPR RI daerah pemilihan Sulawesi Utara (Sulut). Ada 23 nama caleg dari berbagai partai muncul di daftar poling.Link poling tersebut disebar lewat aplikasi whatsapp.

Peminat poling tinggal mengakses situs tersebut dan memilih satu di antara nama di daftar caleg. Hasil sementara poling pun dapat diakses langsung.

Poling yang beredar pun disertai dengan ajakan untuk ikut, bahkan ada yang terang-terangan mengajukan memilih nama caleg tertentu.

Hingga Senin (18/02/2019) sore, hasil sementara poling, 3 caleg DPR RI dari PDIP yang merajai poling, yakni Jantje Wowiling Sajouw (JWS) Mantan Bupati Minahasa. Di urutan kedua, Hi Herson Mayulu (H2M( Mantan Bupati Bolsel, dan urutan ketiga, Adriana Dondokambey (AD) saat ini menjabat Anggota DPRD Sulut.

Jantje Wowiling Sajouw mengumpulkan 955 vote atau 22.03persen, sedangkan Herson Mayulu memperoleh 816 votesatau 19.07 persen. Adriana Dondokambey  646 votes atau 15.09 persen.

Di bawah mereka ada nama Caleg Nasdem Hilary Lasut dan Caleg Golkar Adrian Paruntu. Pengamat Politik Sulut, Taufik Tumbelaka mengataman, poling ini sudah oernah beredar sebelumnya.

Hasil yang ada belum bisa jadi patokan menggambarkan hasil Pileg 2019. "Pertama tidak jelas metodologinya," kata dia.

Beda dengan survei oleh lembaga survei kredibel yang memiliki metodologi. Peserta poling digapai dengan acak, bahkan bisa diarahkan untuk ikut poling.

"Sebenanya hasil poling ini lebih diarahkan untuk mempengaruhi persepsi publik saja, bukan hasil Pileg," ujar dia. (ryo)

Berita Populer: SEDANG BERLANGSUNG! Live Streaming Persib Bandung vs Arema FC, Tonton Lewat Ponsel Dengan Cara Ini

Penulis: Ryo_Noor
Editor: Herviansyah
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved