DPKP Kota Cimahi Siapkan Ratusan Kuota Bantuan Rumah Layak Huni

Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPKP) Kota Cimahi, pada tahun 2019 akan menyiapkan kuota untuk 385 penerima b

DPKP Kota Cimahi Siapkan Ratusan Kuota Bantuan Rumah Layak Huni
tribunnews
ilustrasi kawasan rumah kumuh 

TRIBUNMANADO.CO.ID-Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPKP) Kota Cimahi, pada tahun 2019 akan menyiapkan kuota untuk 385 penerima bantuan rumah tidak layak huni (Rutilahu) di Kota Cimahi.

Jumlah tersebut disebut naik sekitar 50 penerima jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya, sedangkan untuk bantuan Rutilahu dari Provinsi Jawa Barat sekitar 700 rumah.

Kepala DPKP, Kota Cimahi, M Nur Kuswandana, mengatakan, penerima bantuan Rutilahu wajib memenuhi beberapa syarat, seperti tanah dan bangunan milik sendiri dibuktikan dengan surat-surat yang lengkap, kondisinya layak dibantu, masyarakat sekitar sanggup membantu proses pembangunan, dan dalam lima tahun terakhir belum pernah mendapat bantuan serupa.

"Bantuan ini hanya stimulan, jadi bukan memperbaiki kerusakan bangunan secara keseluruhan karena nominalnya saja tidak akan cukup," ujarnya saat ditemui di kompleks perkantoran Pemkot Cimahi, Senin (18/2/2019).

Nominal stimulan yang diberikan untuk penerima bantuan Rutilahu tetap sama seperti tahun-tahun sebelumnya, yakni Rp 10 juta untuk pembelian material dan sekitar Rp 5 juta untuk upah pekerja.

Ia mengatakan, untuk tahun ini ada jatah 15 rumah untuk Bulan Bakti Gotong Royong Masyarakat, 10 rumah untuk Bakti Siliwangi Manunggal Satata Sariksa (BSMSS), dan 10 rumah untuk Peningkatan Peranan Wanita Menuju Keluarga Sehat Sejahtera (P2WKSS).

"Sedangkan untuk daftar tunggu sampai sekarang ada sekitar 1.200 rumah, tapi kemungkinan bisa terpenuhi semua. Pada tahun kemarin kami merehabilitasi sekitar 1.550 rumah," katanya.

Namun, untuk penyaluran program bantuan Rutilahu pada tahun 2019, saat ini belum bisa disalurkan lantaran pihaknya masih melakukan proses verifikasi.

"Mudah-mudahan minggu depan sudah selesai (verifikasi) karena seminggu itu hanya bisa verifikasi 50 rumah," katanya.

Tags
RTLH
Cimahi
Editor:
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved