Djamaluddin: Pendokumentasian dan Identifikasi Karang di Teluk Manado Terobosan Baru

Kegiatan pendokumentasian dan identifikasi karang di Teluk Manado dapat disebut sebagai terobosan baru.

Djamaluddin: Pendokumentasian dan Identifikasi Karang di Teluk Manado Terobosan Baru
Istimewa
Scientific Exploration 

TRIBUNMANADO.CO.ID- Kegiatan pendokumentasian dan identifikasi karang di Teluk Manado dapat disebut sebagai terobosan baru, demikian dikatakan Leader Scientific Exploration Rignolda Djamaluddin.

Ini karena belum ditemukan adanya aktifitas riset menyeluruh di kawasan ini. Menurut dia, studi-studi bawah laut di Teluk Manado terbilang parsial dan terbatas.

Belum ada penelitian yang secara spesifik mengkaji sistem di perairan tersebut. Untuk itu, Rignolda berharap, kegiatan Scientific Exploration bisa menjadi basis data, serta referensi terkini terumbu karang di Teluk Manado.

“Mudah-mudahan ini bisa jadi percontohan berbasis saintifik dan menarik lebih banyak orang untuk belajar,” terang Rignolda.

Setelah ini, tim Scientific Exploration akan melakukan evaluasi untuk memperoleh metode yang lebih baik, efisien dan bisa dipertanggungjawabkan. Mereka juga akan coba mengkaji struktur dan identifikasi komunitas karang.

“Harapan kami, mudah-mudahan, kami bisa lakukan identifikasi. Sebisa mungkin hingga spesies, minimal genus,” tandasnya. (nie)

Penulis: Nielton Durado
Editor:
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved