Berita Minahasa

Rekrutmen PPPK Pemkab Minahasa Diminta Lebih Selektif

Rekrutmen Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) oleh pemerintah yang salah satunya memprioritaskan kalangan guru honorer disambut bahagia.

Rekrutmen PPPK Pemkab Minahasa Diminta Lebih Selektif
ISTIMEWA
Rekrutmen PPPK Pemkab Minahasa Diminta Lebih Selektif 

Rekrutmen PPPK Pemkab Minahasa Diminta Lebih Selektif

TRIBUNMANADO.CO.ID, TONDANO - Rekrutmen Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja ( PPPK) oleh pemerintah yang salah satunya memprioritaskan kalangan guru honorer disambut bahagia.

Program ini dinilai merupakan kebijakan strategis yang pro terhadap nasib tenaga honorer.

Terkait adanya rekrutmen PPPK ini, pemerintah diminta lebih selektif dalam penetuan nama-nama yang akan masuk formasi. 

Untuk perekrutan tenaga guru, Wakil Ketua KNPI Minahasa Jendry Paendong mengusulkan agar pemerintah memprioritaskan honorer dalam rentang usia 35-59 tahun dengan masa kerja yang cukup lama.

Alasannya, peluang honorer di rentang usia tersebut sangat kecil untuk ikut dalam penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) reguler.

"Sebab usia di atas 35 tahun tidak lagi mendapat kesempatan untuk ikut dalam CPNS reguler karena dibatasi oleh regulasi," katanya.

Meski diakui, Peraturan Pemerintah Nomor 49 tahun 2018 tentang manajemen PPPK membuka ruang bagi mereka yang berusia 20 sampai 59 tahun untuk mengikuti seleksi tersebut. 

"Karena hemat saya usia 20 sampai 35 tahun peluangnya masih sangat terbuka untuk ikut CPNS, sehingga ada baiknya diprioritaskan saja bagi mereka yang diusia 35-59 tahun. Semoga ini dapat menjadi perhatian pemerintah," tandas Paendong yang juga Sekretaris Aliansi Guru Indonesia Sulut (AGIS) Kabupaten Minahasa itu.

Dia juga berharap ada kebijakan bagi guru-guru honorer dengan masa dinas yang sudah lama yang relatif sudah berumur untuk direkrut tanpa mengikuti proses seleksi kompetensi.

Halaman
12
Penulis: Andreas Ruauw
Editor: Alexander Pattyranie
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved