Breaking News:

Berita Mitra

Joke Legi Ungkap Strategi Mitra dalam Memerangi Korupsi

Wakil Bupati Minahasa Tenggara (Mitra) Jesaya Joke Legi turut menghadiri acara Deklarasi Pencanangan Wilayah Zona Integritas.

Penulis: Andreas Ruauw | Editor: Alexander Pattyranie
TRIBUN MANADO/ANDREAS RUAUW
Joke Legi Ungkap Strategi Mitra dalam Memerangi Korupsi 

Joke Legi Ungkap Strategi Mitra dalam Memerangi Korupsi

TRIBUNMANADO.CO.ID, RATAHAN - Wakil Bupati Minahasa Tenggara (Mitra) Jesaya Joke Legi turut menghadiri acara Deklarasi Pencanangan Wilayah Zona Integritas di Pengadilan Negeri Tondano Kelas 1B, Jumat (15/02/2019).

Selain mengundang Wakil Bupati Mitra, acara ini juga dihadiri oleh Sekda Minahasa Jeffry Korengkeng, Dandim Minahasa Slamet Raharjo, dan Kapolres Minahasa Denny Situmorang.

Dengan tujuan menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBW) kegiatan ini dibuka oleh Ketua Pengadilan Negeri Tondano Iko Sudjatmiko yang kemudian dilakukan penandatanganan prasasti sebagai bentuk deklarasi.

Usai melakukan pendandatanganan Pemkab Minahasa Tenggara yang diwakili oleh Wakil Bupati Mitra Joke Legi mengatakan bahwa di Mitra sendiri juga sebelum adanya deklarasi ini sudah mengantisipasi tindak kriminal perdata dengan metode 3E.

"Sebelum deklarasi ini kami sudah merencanakan 3E, yaitu e-Planing, e-Budgeting dan e-Kinerja yang gunanya untuk menjauhkan dari korupsi dan kami juga sudah mulai lakukan sosialisasi di setiap perangkat daerah melalui sistem e-Planing," katanya.

Lanjutnya, "yang kemudian ada sistem e-Kinerja dengan tindakan pemotongan TKD terhadap ASN yang melanggar hukum termasuk tidak disiplin, jadi kalau ASN tersebut terlambat atau tidak masuk maka kami akan lakukan tindakan pemotongan TKD," ujar Joke.

Joke Legi Ungkap Strategi Mitra dalam Memerangi Korupsi
Joke Legi Ungkap Strategi Mitra dalam Memerangi Korupsi (TRIBUN MANADO/ANDREAS RUAUW)

Joke juga menjelaskan soal aturan e-Budgeting yang dimana setiap dana bantuan pemerintah dalam bentuk APBD itu sudah dikirim lewat sistem tranfer rekening sehingga mencegah tindak korupsi.

"Dengan sistem seperti itu membuktikan bahwa penyaluran dana contohnya dana desa tahun ini belum ada laporan penyalahgunaan," tutupnya.

(Tribunmanado.co.id/Andreas Ruauw)

BACA JUGA:

Baca: Viral Seorang Wanita di Sulut Curhat di Facebook, Suami Selingkuh hingga Menikah di Hari Valentine

Baca: Pernikahannya Viral Karena Dituduh Selingkuh Oleh Mantan Istri, Dekan di Sulut Angkat Bicara

Baca: Heboh Seorang Wanita Beri Ucapan Selamat Pernikahan ke Mantan Suami dengan Selingkuhan Lebih Muda

Baca: Inilah Riwayat Hidup Masje Ompi, Wanita yang Ditemukan Tewas di Kompleks Rumah Dinas Wali Kota

Baca: Penemuan Mayat di Pasar Bersehati Manado, Identitas Masih Misteri tapi Korban Dikenal Dekat Warga

TONTON JUGA:

Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved