BNI Wilayah Manado Targetkan Kucur KUR Rp 485 Miliar

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk Wilayah Manado menargetkan bisa menyalurkan Kredit Usaha Rakyat (KUR) senilai Rp 485 miliar tahun ini.

BNI Wilayah Manado Targetkan Kucur KUR Rp 485 Miliar
Tribun Manado/Alexander Pattyranie
Kantor Wilayah BNI di Jalan Datulolong Lasut 

BNI Wilayah Manado Targetkan Kucur KUR Rp 485 Miliar

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO - PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk Wilayah Manado menargetkan bisa menyalurkan Kredit Usaha Rakyat (KUR) senilai Rp 485 miliar tahun ini.

CEO BNI Wilayah Manado, Haris A. Handoko melalui Pemimpin Kelompok Kinerja Bisnis dan Pengelolaan Jaringan Ir Oldy Sambuaga, menjelaskan target itu ditetapkan kantor BNI pusat mengacu kinerja tahun sebelumnya.

"Kami optimistis bisa dicapai dengan melihat melihat ekonomi tahun ini yang menunjukkan tren positif," ujarnya, Rabu (13/2/2019).

Tahun lalu, BNI Wilayah Manado mengucurkan KUR senilai Rp 564 miliar dari target penyaluran Rp 595 miliar.

Pinjaman modal usaha itu diberikan kepada debitur yang tersebar di empat provinsi, Sulut, Sulteng, Gorontalo dan Malut. Proporsi penerima KUR terbesar ada di Sulut.

Oldy menjelaskan, penyaluran KUR BNI Kanwil Manado masuk kategori dua terbaik nasional tahun lalu. "Sebab NPL (Non Performing Loan) tahun 2019 hanya 1 persen," ujarnya.

Sementara, dilihat dari sektor penerima pinjaman KUR, menurut Oldy, paling banyak dari perdagangan. "Selain itu usaha lainnya seperti pertanian, perkebunan dan lain-lain," ujarnya.

BNI Manado siap memberikan KUR dengan plafon tertinggi Rp 500 juta per debitur. Syaratnya, seperti pengajuan kredit pada umumnya. Harus ada agunan sebagai jaminan.

"Keistimewaan KUR bunganya 7 persen karena disubsidi pemerintah," ujarnya.

Selain KUR, BNI memiliki fasilitas kredit modal usaha, BNI Wirausaha (BWU) dengan nilai pinjaman bisa mencapai 1 miliar. Ada pula 'kredit kecil' yang nilai pinjaman Rp 1-1,5 miliar dan 'kredit middle' mencapai Rp 100 miliar per debitur.

(Tribunmanado.co.id/Fernando Lumowa)

Penulis: Fernando_Lumowa
Editor: Alexander Pattyranie
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved