3 Tahun ODSK Pimpin Sulut, Ekonomi Kerakyatan Berbasis Sinergitas Sukses Terbangun

Selamat mencapai 3 tahun kepemimpinan ODSK di Sulut. Mari kita dukung keberhasilan yang ada dengan ikut memanfaatkan aneka peluang ekonomi

3 Tahun ODSK Pimpin Sulut, Ekonomi Kerakyatan Berbasis Sinergitas Sukses Terbangun
ISTIMEWA
Staf Khusus Gubernur Sulut Bidang Pariwisata, Dino Gobel 

ODSK-nomics dan North Sulawesi Incorporated

Penulis Staf Khusus Gubernur Sulut Bidang Pariwisata, Dino Gobel

TRIBUNMANADO.CO.ID - 23 November 2018, adalah tanggal monumentalis yang secara pribadi sulit saya lupakan. Sebab pada tanggal itu, saya ikut menyaksikan langsung salah satu peristiwa penting dalam kemajuan perekonomian Sulawesi Utara (Sulut) bahkan peran Sulut sendiri dalam kancah perdagangan internasional di kawasan Asia Pasifik. 

Yah, pada saat itu, Gubernur Sulut Olly Dondokambey membawa sebuah tim kecil bersua langsung dengan sejumlah petinggi di pemerintahan Negara Bagian Sabah Malaysia.

Pertemuan itu menjadi sangat berarti karena jelas terlihat peran langsung Sulut melalui kepiawaian Pak Olly atau Pak OD --sapaan akrab Gubernur sekaligus Bendahara umum PDIP ini, "memainkan" suasana pertemuan bilateral tersebut dengan hasil yang sangat menguntungkan Sulut ke depan.

* Walhasil, usai pertemuan tersebut, Dubes Indonesia untuk Malaysia Bapak Rusdi Kirana berujar kepada saya tentang kesannya dari pertemuan itu. "Beruntung Sulut punya Gubernur kayak Pak Olly," katanya.

Memang, Pak RK, sapaan akrab Rusdi Kirana yang juga owner Lion Air ini, ikut dalam pertemuan tersebut. Bahkan bertindak langsung sebagai moderator pada acara dengan Menteri pelancongan Sabah dan sejumlah pejabat penting lainnya.

"Di era Pak Olly, Provinsi Sulut telah menjelma sebagai poin penting perekonomian Indonesia di bagian Utara di kawasan Asian Pasifik ini. Yah saya salut. Pak Olly punya strategi ekonomi yang bagus dan itu mampu direalisasikan dalam program nyata yang membuktikan Sulut bisa maju seperti saat ini," katanya bersemangat.

* Dua kata yang disampaikan Pak RK tentang "Strategi Ekonomi" Pak Olly menarik perhatian saya. Sebab, ungkapan serupa pernah juga disampaikan sejumlah menteri di jajaran kabinet Jokowi JK, seperti Menteri Pariwisata Arief Yahya hingga Menteri Keuangan Sri Mulyani.

"Ada sebuah strategi ekonomi yang dilakukan Pak Gubernur Olly di Sulut, sehingga itu bergerak secara serentak ke semua sektor dengan diawali sektor pariwisata sebagai trigger nya," kata kedua menteri ini.

Halaman
1234
Editor: Aldi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved