Kodim 1310/ Bitung Gagalkan Penjualan BBM Subsidi Ilegal

Personel Unit Inteldim 1310/Bitung berhasil menggagalkan penjualan illegal BBM bersubsidi jenis Premium

Kodim 1310/ Bitung Gagalkan Penjualan BBM Subsidi Ilegal
Istimewa
Kodim 1310/Bitung Gagalkan Penjualan BBM Bersubsidi Ilegal 

TRIBUNMANADO.CO.ID,BITUNG - Personel Unit Inteldim 1310/Bitung berhasil menggagalkan penjualan illegal BBM bersubsidi jenis Premium, di lahan kosong Kelurahan Manembo-Nembo Tengah, Kecamatan Matuari Kota Bitung, Jumat (8/2/2019).

Komandan Kodim (Dandim) 1310/Bitung Letkol Inf Kusnandar Hidayat mengatakan  personelnya di bawah pimpinan Plh Danunit Inteldim Serma Yakob Yudas telah berhasil mengamankan satu unit mobil tangki tipe Jumbo Ranger E-2 dengan No. Lambung 43 Nopol DB 8146 AK yang dikemudikan oleh Mursidi (32) warga Winenet 2 Kecamatan Aertembaga kota Bitung.

"Kendaraan tangki pengangkut BBM jenis premium ini, kami amankan sesaat akan melakukan transaksi jual beli BBM secara terselubung oleh oknum setempat," ujar Dandim.

Baca: 2019, Pertamina Akan Tambah BBM Satu Harga di Sulawesi

Adapun kronoligis penangkapan penjualan BBM jenis premium bersubsidi tersebut berawal dari perintah Dandim 1310/Bitung Letkol Inf Kusnandar Hidayat, kepada anggota Unit Intel Kodim 1310/Bitung untuk menertibkan dan menangkap bila ada kendaraan tangki BBM yang keluar dari depot pertamina dan menjual BBM secara ilegal di pangkalan-pangkalan minyak, sebelum menuju SPBU sesuai surat perintah dari Depot Pertamina setempat.

Atas perintah Dandim 1310/Bitung tersebut, akhirnya personel Unit Intel di bawah pimpinan Plh. Danunit Intel Serma Yakob Yudas pada Jumat (8/2/2019) pukul 05.15 Wita, melaksanakan pengintaian di dua sasaran, yaitu di daerah Kelurahan Sagerat dan di lahan kosong di Kelurahan Manembo-Nembo Kota Bitung.

Sesaat setelah Serma Yakob bersama tim melakukan pengintaian, maka Pukul 6.35 Wita, terlihat 1 unit mobil Tangki yang sedang melaksanakan pengetapan BBM jenis Premium di lokasi lahan kosong Kelurahan Manembo-Nembo Kota Bitung.

Baca: Pertamina Akan Tambah Penyalur BBM Satu Harga di Sulawesi

Setelah memastikan hal itu, personel gabungan langsung bertindak cepat mengamankan mobil Tangki beserta sopir dan pembeli serta barang bukti dan dibawa ke Makodim 1310/Bitung.

Selain sopir dan pembeli bernama Hamzah (38) tim gabungan itu turut mengamankan barang bukti lain yakni, 1 unit kendaraan tangki pengangkut BBM nomor polisi 8146 AK, Uang tunai hasil transaksi sebesar Rp 910 ribu, 10 buah jirigen isi 25 liter (terisi bensin), 11 buah jirigen kosong, Tangki modifikasi 3 buah (kosong), Segel Tangki sebanyak 13 buah, 2 lembar LO dari depot pertamina dan 3 buah handphone.

Mursid sopir mobil tangki kepada petugas Kodim 1310/Bitung mengatakan bahwa dia telah bekerja selama 1 tahun dengan gaji sebesar Rp 3.8 per bulan, mendapat jatah mendistribusi BBM jenis premium dari depot pertamina ke wilayah Sulawesi Utara sebanyak 2 kali dalam seminggu.

Setelah keluar dari kawasan Depot Pertamina Bitung, langsung singgah ke lokasi lahan kosong di Kelurahan Manembo-Nembo Tengah dan melakukan penjualan bensin sebanyak 7 jirigen (isi 25 liter) dengan harga Rp 130 ribu per jirigen kepada Hamzah, warga Lingkungan V Kelurahan Manembo-Tembo tengah Kota Bitung.

Halaman
123
Penulis: Chintya Rantung
Editor: Herviansyah
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved