Breaking News:

Minahasa Tenggara

Panpel Pilhut 100 Desa Dianggarkan Sebesar Rp 12 Juta

Pelaksanaan pemilihan hukum tua 100 desa di Minahasa Tenggara, Sulawesi Utara, dipastikan digelar serentak dalam waktu dekat.

Penulis: Andreas Ruauw | Editor: Alexander Pattyranie
TRIBUN MANADO/ANDREAS RUAUW
Jotje Wawointana 

Panpel Pilhut 100 Desa Dianggarkan Sebesar Rp 12 Juta

TRIBUNMANADO.CO.ID, RATAHAN - Pelaksanaan pemilihan hukum tua 100 desa di Minahasa Tenggara, Sulawesi Utara, dipastikan digelar serentak dalam waktu dekat.

Pelaksanannya pun merogoh kocek dana daerah sebesar Rp 12 juta, di mana setiap desa pelaksana dikucur dana maksimal sebesar Rp12 juta.

Guna merealisasikannya, panitia pelaksana pilhut pun diberi batas waktu sudah selesai dan terbentuk hingga 11 Februari mendatang.

Penggodokan kepada para panpel di 100 desa itu kini diawali dengan suratan kepada pihak desa penyelenggara dalam pembentukkannya.

"Kita sudah menyurati pihak desa terkait untuk membentuk panpel pilhut dalam menunjang proses demokrasi desa itu," ungkap Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (PMPD) Mitra Jotje Wawointana, Rabu (06/02/2019).

Menurut dia, pembentukkan panpel pilhut sangat diharapkan selesai pada 11 Februari mendatang guna melaksanakan tugasnya.

"Ada banyak tugas yang harus dilakukan yakni membuat proposal pelaksanaan pilhut serta proses persiapan hingga pemungutan suara nanti. Selanjutnya mekanisme pendaftaran calon dan lain sebagainya yang nanti dibeberkan dalam bimbingan teknis sebentar, berdasarkan aturan yang berlaku," ujarnya.

Terkait pendanaan, Wawointana menjelaskan pelaksanaan pilhut dilakukan pihak pemkab dengan mengalokasikan dana sebesar Rp12 juta per desa.

"Itu angka maksimal, 12 juta bisa juga lebih, namun pengalokasian dana diperuntukkan bagi pelaksanaan pilhut bukan di luar pilhut. Misalkan makan minum, itu tidak masuk dalam pengalokasian dana artinya pihak panpel pilhut bisa mengadakannya sendiri tidak menggunakan dana pilhut," jelas Wawointana.

(Tribunmanado.co.id/Andreas Ruauw)

BACA JUGA:

Baca: Terkait Sanksi Disiplin di Kotamobagu, Dolly Belum Penuhi Panggilan Namun Akui Siap Laksanakan Tugas

Baca: Bigo Live dan 10 Aplikasi Lainnya Diblokir Pemerintah, Karena Kerap Siarkan Ribuan Konten Vulgar

Baca: ROR-RD Laporkan Rolling Jabatan ke Gubernur Olly

Baca: Selebgram Cantik Reva Alexa Ternyata Ditangkap Pakai Sabu-sabu Bareng Dua Pria Muda

Baca: BKPP Kotamobagu Surati Dolly Zulhadji, Pemberian Sanksi Disiplin

TONTON JUGA:

Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved