Gempa Bumi 5,1 SR Guncang Morotai, Tak Beropotensi Tsunami

Wilayah Morotai diguncang gempa bumi tektonik, Rabu (06/02/2019). Hasil analisis BMKG menunjukkan informasi awal gempa bumi ini berkekuatan M=5,1

Gempa Bumi 5,1 SR  Guncang Morotai, Tak Beropotensi Tsunami
Istimewa
Gempa Bumi Guncang Morotai 

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO- Wilayah Morotai diguncang gempa bumi tektonik, Rabu (06/02/2019). Hasil analisis BMKG menunjukkan informasi awal gempa bumi ini berkekuatan M=5,1 yang selanjutnya dilakukan pemutakhiran menjadi M=5. Episenter gempa bumi terletak pada koordinat 2,63 LU dan 128,38 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 65 kilometer arah utara Kota Daruba, Kabupaten Morotai, Provinsi Maluku Utara pada kedalaman 48 kilometer.

Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas subduksi Lempeng Laut Filipina ke bawah Lempeng Mikro Halmahera.

Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan gempa bumi tersebut dibangkitkan oleh deformasi batuan dengan mekanisme pergerakan dari struktur sesar naik (thrust fault).

Dampak gempa bumi berdasarkan laporan masyarakat menunjukkan bahwa guncangan dirasakan di daerah Morotai dan Tobelo dalam skala intensitas II MMI.

Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi tidak berpotensi tsunami.

Baca: Gempa Bumi Guncang Bolmong 5,3 SR

Baca: BREAKING NEWS: Gempa Bumi 5,7 SR Guncang Kepulauan Talaud, Dirasakan Hingga Sangihe

Baca: Gempa Bumi Magnitudo 6,5 Terasa di Manado

Hingga pukul 07.27 WIB, Hasil monitoring BMKG menunjukkan adanya 1 aktivitas gempabumi susulan (aftershock).

Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG, RAHMAT TRIYONO, S.T., Dipl. Seis, M.Sc mengimbau masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi (Instagram/Twitter @infoBMKG), website (inatews.bmkg.go.id atau www.bmkg.go.id), atau melalui Mobile Apps (IOS dan Android): wrs-bmkg atau infobmkg. (vey)

 Berita Populer: BREAKING NEWS - Pembunuhan di Perkamil, Seorang Pria Tewas Dibunuh Anak Tirinya, Berawal Adu Mulut

Penulis:
Editor:
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved