Gunung Karangetang Meletus

Aktivitas Gunung Karangetang Meningkat, Warga Sekitar Diajurkan Pakai Masker

Aktivitas Gunung Karangetang Muntahkan Lava, Warga Sekitar Dianjurkan pakai masker

Aktivitas Gunung Karangetang  Meningkat, Warga Sekitar Diajurkan Pakai Masker
TRIBUNMANADO/ALPEN MARTINUS
Lava Gunung Karangetang mencapai laut 

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO - Laporan aktivitas Gunung Karangetang, Siau Tagulandang Biaro (Sitaro) Sulut periode pengamatan, Rabu (06/02/2019).

Berdasarkan pengamatan secara visual KESDM, Badan Geologi, PVMBG Pos Pengamatan Gunungapi Karangetang Yudia Prama Tatipang, Gunung kabut 0-I, kabut 0-II, hingga kabut 0-III. Asap kawah tidak teramati.

Suara gemuruh lemah sampai agak kuat sesekali terdengar pengamatan dari laut depan Kampung Batubulan teramati ujung tumpukan atau leleran lava  lk 3475 m dari puncak kawah II, dari ujung leleran terjadi longsoran material yang menimbulkan kepulan asap kecoklatan/kelabu kehitaman tebal.

Sehubungan dengan aktivitas Gunung Karangetang pada Level III (Siaga) saat ini, kami merekomendasikan sebagai berikut  Masyarakat dan pengunjung/wisatawan agar tidak mendekati, tidak melakukan pendakian dan tidak beraktivitas di dalam zona perkiraan bahaya yang meliputi radius 2.5 kilometer  dari puncak Kawah 2 (utara) dan Kawah Utama (selatan)dan area perluasan sektoral dari puncak kearah Barat-Barat laut sejauh 3 km dan ke arah Baratlaut-Utara sejauh 4 kilometer.

Masyarakat di sekitar Gunung Karangetang yang berada di area Barat laut-Utara dari Kawah 2, di antaranya Kampung Niambangeng, Kampung Beba dan Kampung Batubulan agar dievakuasi ke tempat yang aman dari ancaman guguran lava atau awan panas guguran Gunung Karangetang yaitu di luar zona perkiraan bahaya tersebut.

Baca: Aktivitas Gunung Karangetang Meningkat, Petugas Pos Pemantau Minta Evakuasi Warga Sejumlah Kampung

Masyarakat yang tinggal di sekitar bantaran sungai-sungai yang berhulu dari puncak Gunung Karangetang agar meningkatkan kesiapsiagaan dari potensi ancaman lahar hujan dan banjir bandang yang dapat mengalir hingga ke laut.

Masyarakat disekitar Gunung Karangetang dianjurkan agar senantiasa menyiapkan masker penutup hidung dan mulut untuk mengantisipasi potensi bahaya gangguan saluran pernapasan jika terjadi hujan abu.

Baca: Bupati Sitaro Kunjungi Pengungsi Erupsi Gunung Karangetang di Batubulan yang Terisolir

Masyarakat di sekitar Gunung Karangetang diharap untuk tetap tenang, tidak terpancing isu-isu mengenai erupsi Gunung Karangetang yang tidak jelas sumbernya dan selalu mengikuti arahan dari BPBD Kabupaten Sitaro

Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi, Badan Geologi terus berkoordinasi dengan BNPB, BPBD Provinsi Sulawesi Utara dan BPBD Kabupaten Sitaro dalam memberikan informasi tentang perkembangan aktivitas Gunung Karangetang.

Masyarakat maupun BNPB, BPBD Provinsi Sulawesi Utara, BPBD Kabupaten Sitaro, dan instansi terkait lainnya dapat memantau perkembangan tingkat aktivitas maupun rekomendasi Gunung Karangetang setiap saat melalui aplikasi MAGMA Indonesia yang dapat diakses melalui website https:l/magma vsi esdm.go.id atau melalui aplikasi Android MAGMA Indonesia yang dapat diunduh di Google Play. (vey)

Berita Populer: Adrian Paruntu: Tersenyumlah Saat Hadapi Masalah

Penulis: Ferra Faradila Rizki
Editor: Herviansyah
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved