Ingin Lolos SNMPTN 2019? Ini Triknya

Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) telah membuka laman pendaftaran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Senin (4/2/2018).

Ingin Lolos SNMPTN 2019? Ini Triknya
-
Ilustrasi 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) telah membuka laman pendaftaran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Senin (4/2/2018).

Login dapat dilakukan via http://web.snmptn.ac.id, dan telah dibuka sejak pukul 08.00 pagi tadi.

LTMPT menjelaskan, tahun ini siswa yang masuk dalam pemeringkatan dan eligible atau berhak untuk mendaftar SNMPTN, sebanyak 613.860 siswa.

Tentunya, harapan seluruh siswa adalah masuk ke perguruan tinggi negeri yang mereka idam-idamkan. Lalu,  bagaimana caranya agar bisa lulus masuk perguruan tinggi negeri yang diimpikan, atau trik Lolos SNMPTN 2019?

Perlu diketahui bahwa siswa pendaftar hanya diperbolehkan memilih maksimal dua program studi (prodi) dalam satu perguruan tinggi negeri (PTN) atau dua PTN.

Selain itu, urutan pilihan PTN dan program studi (prodi) mencerminkan prioritas pilihan siswa atau siswi tersebut. Nantinya, siswa pendaftar akan diseleksi di PTN pilihan pertama, berdasarkan urutan pilihan prodi.

Baca: SNMPTN 2019 - Mulai di Buka Senin 4 Februari 2019, Perhatikan Tiap Langkahnya ya!

Baca: 3 Kunci Sukses Lolos SNMPTN 2019, dari Alur Pendaftaran Serta Persyaratannya!

Baca: Mau Sukses Masuk SNMPTN 2019, Ikuti Kiat-kiat Ini, Mulai dari Login hingga Cara Mencetak Kartu

Baca: Panduan Pendaftaran SNMPTN

Bagi siswa pendaftar yang memilih prodi di dua PTN, jika tidak lulus di PTN pilihan pertama, siswa pendaftar akan diikutkan seleksi di PTN pilihan kedua, berdasarkan ketersediaan daya tampung.

Sedangkan untuk siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), siswa pendaftar hanya diizinkan memilih prodi yang relevan sesuai ketentuan oleh masing-masing PTN.

Apabila siswa pendaftar ingin memiliki peluang besar untuk lolos, mereka harus memperhatikan jumlah peminat dan daya tampung prodi di masing-masing PTN itu.

Proses seleksi didasarkan pada nilai rapor dan prestasi-prestasi lainnya. Apabila pendaftar kurang percaya diri dengan nilai rapornya, akan lebih baik memilih jurusan yang memiliki daya tampung besar dan peminat yang sedikit untuk memperbesar peluang lolos.

Halaman
12
Editor: Indry Panigoro
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved