Sikap Iman terhadap sampah Plastik

Hidup di dunia post modern sekarang ini, tentu kita tidak dapat menghindarkan diri dari plastik.

Sikap Iman terhadap sampah Plastik
ISTIMEWA
Pdt Stephen Tulungen 

Renungan Minggu Oleh

Pdt Stephen Tulungen STh

(Ketua BPMJ GMIM Imanuel Sagerat)


Syaloom

Hidup di dunia post modern sekarang ini, tentu kita tidak dapat menghindarkan diri dari plastik. Setiap hari kita pasti akan bertemu dengan semua yang menggunakan plastik.

Mulai dari peralatan rumah tangga, peralatan kantor, peralatan olah raga, sampai pada bagian/part motor dan mobil. Sungguh disyukuri karena atas hikmat Tuhan Allah, manusia menemukan plastik. Disadari atas penemuan itu kemudian dari bahan itu dibuat peralatan-peralatan sebagaimana yang dikemukakan di atas.

Seiring berjalannya waktu dalam semua kebutuhan plastik sudah sangat diperlukan dan banyak membantu manusia dalam banyak hal. Karena sudah sangat banyak, maka setelah itu tidak digunakan lagi, pasti akan menjadi sampah. Persoalan sekarang adalah sampah jenis plastik sangat sulit terurai di dalam tanah.

Jika itu hanya dibiarkan menjadi sampah terbuang di tanah, akan sangat berbahaya, demikian juga terbuang di laut, akan sangat berbahaya bagi biota laut termasuk ikan dan terancam mati.

Hasil penelitian bahwa Indonesia menjadi peringkat 2 dunia pembuang sampah plastik. Karena sampah plastik berbahaya, maka sebagai gereja kita terpanggil untuk pertama, tidak membuang sampah di tanah atau di laut.

Kedua, mengurangi penggunaan plastik atau semua yang menggunakan media plastik, apalagi plastik yang hanya sekali pakai. Seperti: air minum kemasan plastik (gelas, botol). Solusi: 1. Membawa tambler (wadah minuman) untuk kebutuhan air minum. 2. Membawa tas saat ke pasar atau ke super market.

Tuhan Allah memanggil dan memberikan mandat kepada kita untuk menaklukkan bumi (Kejadian 1:28). Bumi tempat hidup dan untuk kesejahteraan manusia.

Halaman
12
Penulis: Chintya Rantung
Editor:
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved