Banyak Pemukiman di Sempadan Sungai dan Daerah Resapan Air Picu Banjir

Banyaknya pemukiman di lokasi GSS (Garis Sempadan Sungai) serta kawasan resapan air ditengarai menjadi satu dia antara sebab banjir besar

Banyak Pemukiman di Sempadan Sungai dan Daerah Resapan Air Picu Banjir
Tribun Manado
Warga melintasi genangan air di Kelurahan Taas, Manado, Jumat (1/2/2019). 

TRIBUN MANADO. CO. ID- Banyaknya pemukiman di lokasi GSS (Garis Sempadan Sungai) serta kawasan resapan air ditengarai menjadi satu di antara sebab banjir besar serta longsor di kota Manado pada 1 Februari lalu. 

Walikota Manado Vicky Lumentut melalui Kabag Humas Pemkot Manado Sonny Takumansang menyatakan, masih banyak warga yang mendiami zona GSS. "Akibatnya terjadi banjir saat sungai meluap," katanya.

Dikatakan Sonny, GSS (Garis Sempadan Sungai) diatur dengan Perwako No 55 Tahun 2014 tentang Garis Sempadan Sungai serta Pemanfaatannya di kota Manado.

Baca: Banjir-Longsor di Manado, Bank SulutGo Kembali Serahkan Bantuan

Selain Perwako, GSS juga diatur dalam RTRW.  "Dalam bab IV mengenai Pola Ruang Wilayah Kota untuk kawasan lindung pada pasal 31 B tertulis kawasan perlindungan setempat yaitu sepadan sungai yang tidak bertalud di 5 sungai besar kota Manado GSS 15 meter, sementara banyak pemukiman dibangun pada jarak sangat dekat dengan bibir sungai," kata dia.

Sebut Sonny, adanya pemukiman di kawasan resapan air pada kemiringan lereng 40 persen menyebabkan bencana longsor.

Baca: Dr Jerry Sambuaga Bantu Korban Banjir di Manado

Hal itu menyalahi RTRW.  "Dalam RTRW, Bab IV pasal 31 a disebut kawasan yang memberikan perlindungan terhadap kawasan bawahannya yaitu : kawasan resapan air kota ditetapkan pada kemiringan lereng 40 persen tidak bisa dilakukan aktivitas permukiman," ujarnya.

Ia mengajak warga menaati himbauan pemerintah untuk tidak  membangun rumah di zona GSS atau kawasan resapan air.  "Diharapkan kesadaran masyarakat untuk  menaati peraturan dan tata ruang," kata dia. (art)

Berita Populer: Soal Jan Ethes Dilaporkan ke Bawaslu, Jokowi: Nanti Saya Suruh Dateng Cucu Saya

Penulis: Arthur_Rompis
Editor: Herviansyah
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved