Wabup Lengkong Hadiri Pesta Adat Tulude Gangga I

Wakil Bupati Minahasa Utara (Minut) Ir Joppi Lengkong MSi menghadiri pesta adat Tulude di Gangga I. Pesta tersebut berasal dari Nusa Utara

Wabup Lengkong Hadiri Pesta Adat Tulude Gangga I
Istimewa
Wabup Lengkong hadiri pesta adat tulude Gangga I 

TRIBUNMANADO.CO.ID, AIRMADIDI-Salah satu adat yang masih tetap terus terpelihara oleh masyarakat Nusa Utara yang berada dimanapun mereka berada dikenal memiliki tradisi serta budaya ialah Tulude. Upacara itu tetap terpelihara tanpa terkena dampak dari modernisasi dan globalisasi . 

 Acara ini digelar setiap awal tahun. Biasanya dilaksanakan pada minggu terakhir dibulan januari.

Masyarakat desa Gangga Satu Kecamatan Likupang Barat kabupaten Minahasa Utara mayoritas berasal dari Nusa Utara membuat hal itu. 

"Ada pemotongan kue adat tamo danTari perang tari gunde yang diperagakan oleh pemuda dan pemudi," kata ketua panitia Erens Galumbang.

Baca: Pemprov Sulut Siap Gelar Upacara Tulude Di Lapangan Kantor Gubernur

 Pesta adat tulude ini diawali ibadah syukur yang di pimpin oleh Pdt Harald Poluan, STh, MPdk yang juga ketua BPMJ GMIM getsemani gangga I. Ia mengambil Bacaan Alkitab Mazmur  23 : 1-6.

"Tulude diadakan sebagai ucapan rasa syukur kepada Tuhan atas limpahan berkat yang telah diberikan Tuhan selama setahun yang lalu.

Tahun yang lalu kita banyak menerima berkat dan pertolongan bimbingan serta perjalanan tahun kehidupan dari Tuhan, hal itu juga yang disampaikan oleh sang gembala agung bagi umatNya"

Wakil Bupati Minahasa Utara (Minut)  Ir Joppi Lengkong, MSi di dampingi oleh ketua TP PKK minut Jeivi Meily Wijaya STh menyampaikan sambutan Sulut dan Minut punya potensi wilayah khusus pariwisata yang sangat menjanjikan sehingga acara ini diharapkan memberi dampak dan keuntungan bagi perekonomian masyarakat sehingga kesejahteraan dirasakan. 

Baca: Pesta Adat Tulude di Sitaro Meriah, Mantan Bupati Toni Supit Dianugerahi Gelar Adat

Ia mengatakan demi mensukseskan potensi pariwisata tersebut diperlukan juga sikap dan perilaku yang baik dari masyarakat. Mereka memiliki etos kerja yang baik , rajin dan giat bekerja, menjaga keamanan serta menjaga kebersihan.

"Juga harus tetap mengandalkan Tuhan dalam kehidupan sehari-hari sebagaimana maksud dari pelaksanaan pesta adat tulude yang dilaksanakan di desa gangga I. Ini merupakan terbaik selama ini saya lihat," ujarnya.

Setelah sambutan  Jeivy Meily Wijaya, STh bersama wabup lengkong memberikan bantuan. Hadir pada kesempatan tersebut hadir  Sekretaris dinas pariwisata Sri Hesty Hebber,  Camat Alfons Jorry Tintingon, SSTP,  pjb hukum tua Gangga I  Sinorita Sentinuwo,  Tokoh masyarakat / anggota DPRD minut Moses Corneles. (dma)

Berita Populer: Saat Ini Cuaca Ekstrem, Basarnas Manado Imbau Warga Waspada Banjir dan Longsor

Penulis: David_Manewus
Editor:
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved