Breaking News:

Tiba-tiba Suhu di Beberapa Wilayah Amerika Seperti di Kutub, Minus 54 Derajat Celsius

Cuaca ekstrem ini berdampak kepada 250 juta warga AS. Sedikitnya tujuh orang tewas dan ratusan sekolah terpaksa ditutup.

AP/Peter Thomason/La Crosse Tribune
Cuaca Ekstrem 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Suhu di kutub minus 54 derajat celcius itu bukan berita mengejutkan, karena daerah tersebut adalah bagian wilayah terdingin di dunia. Namun bisakah  suhu ekstrim itu melanda wilayah lain?

Di sejumlah kota di kawasan tengah barat Amerika Serikat dilanda cuaca ala kutub yang menyebabkan suhu menembus minus 54 derajat Celsius.

Seperti diwartakan BBC, di Kota Chicago, misalnya, temperatur mencapai minus 30 derajat Celsius. Bahkan, temperatur di sebuah kota kecil di Negara Bagian North Dakota menyentuh minus 54 derajat Celsius.

Cuaca luar biasa dingin ini berdampak kepada 250 juta warga AS. Sedikitnya tujuh orang meninggal dunia dan ratusan sekolah terpaksa ditutup.

Salju diperkirakan akan jatuh di sepanjang kawasan Great Lakes hingga New England di bagian pesisir timur AS. Ketinggian salju di Negara Bagian Wisconsin, misalnya, diestimasi akan mencapai 60 centimeter.

Status darurat telah diberlakukan di sejumlah negara bagian, seperti Wisconsin, Michigan, dan Illinois hingga di daerah selatan yang biasanya lebih hangat seperti di Alabama dan Mississippi.

"Ini mungkin saat bersejarah," kata Ricky Castro, ahli meteorologi dari National Weather Service (NWS) di Illinois.

Sejauh ini Grand Forks di North Dakota mencatat suhu terendah pada Rabu (30/1) pagi, yaitu minus 54 derajat Celsius.

Pada akhir pekan ini, sebanyak 20 juta orang di daratan AS diperkirakan akan mengalami suhu minus 28 derajat Celsius atau lebih rendah.

Pada Rabu (30/1), dua warga Michigan ditemukan meninggal dunia di kawasan permukiman mereka, sebagaimana dilaporkan kantor berita Associated Press.

Halaman
123
Editor: Charles Komaling
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved