DPRD Sitaro Gelar Rapat Paripurna Pemberian Gelar Adat ke Toni Supit

rapat paripurna khusus dalam rangka penetapan persetujuan pemberian gelar adat Pololiwu Imangung Togha kepada Toni Supit

DPRD Sitaro Gelar Rapat Paripurna Pemberian Gelar Adat ke Toni Supit
TRIBUNMANADO/ALPEN MARTINUS
DPRD Sitaro Gelar Rapat Paripurna Pemberian Gelar Adat ke Toni Supit 

Laporan Wartawan Tribun Manado Alpen Martinus

TRIBUNMANADO.CO.ID - Ada yang unik pada pelaksanaan rapat paripurna Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kanbupaten Siau Tagulandang Biaro (Sitaro) pada Kamis (31/1/2019).

Uniknya, kali ini rapat paripurna khusus dalam rangka penetapan persetujuan pemberian gelar adat Pololiwu Imangung Togha kepada Toni Supit SE MM.

Selain itu, dari pembukaan, rapat paripurna yang dipimpin oleh Djon Janis Ketua DPRD Sitaro menggunakan bahasa daerah.

Tampak hadir Bupati Sitaro Evangelian Sasingen bersama Wakil Bupati, para kepala SKPD, Forkompinda Sitaro, dan seluruh anggota DPRD Sitaro, serta majelis pemangku adat daerah (MPAD) Sitaro.

Tampak Toni Supit mantan Bupati Sitaro.

Toni Supit Sebut Beban Berat
Toni Supit Sebut Beban Berat (TRIBUNMANADO/ALPEN MARTINUS)

Hampir seluruh peserta sidang menggunakan pakaian adat khas Sitaro. Ada yang berwarna ungu, merah, putih, biru, dan kuning.

Ketua MPAD Sitaro Herry Lano menjelaskan, bahwa pemberian gelar ada kepada Toni Supit karena perannya dalam meletakkan dasar yang kokoh dalam pembangunan di Sitaro.

"Pemimpin yang disayangi dan dicintai rakyat karena membangun dengan landasan iman dan pengharapan serta optimis yang kuat," jelas dia.

Ia menjelaskan, karakternya walaupun diserang kiri kanan, tapi tetap bagaimana membangun daerah ini, selama sepuluh tahun meletakkan dasar yang luar biasa.

Secara terinci polo artinya kesayangan, liwu artinya masyarakat, Imangung artinya membangun dengan landasan iman, dan Togha artinya kekuatan dan atau optimisme yang kuat.

Pemberian gelar adat ditetapkan, dan surat keputusannya langsung diserahkan kepada Toni Supit penerima gelar adat.

Penulis: Alpen_Martinus
Editor: Aldi_Ponge
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved