BPBD Manado: Korban Longsor Manado Tua Harus Pindah

Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kota Manado memeringatkan kepada warga korban longsor di Kelurahan Manado Tua Lingkungan V untuk pindah

BPBD Manado: Korban Longsor Manado Tua Harus Pindah
Istimewa
Longsor di Manado Tua 

BPBD Manado: Korban Longsor Manado Tua Harus Pindah

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO - Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kota Manado memeringatkan kepada warga korban longsor di Kelurahan Manado Tua Lingkungan V untuk pindah.

Lokasi tersebut tak bisa lagi ditempati karena terlalu berisiko.

"Warga sudah harus pindah, karena lokasinya sangat berbahaya. Di atas tebing kelihatannya sudah dibuka perkebunan warga karena terlihat longsoran pohon-pohon pisang," ujar Lee Bawole, personel BPBD Kota Manado, Rabu (30/1) malam.

Baca: Kadis Sosial Minahasa Minta Warga Kawangkoan Waspada Longsor Susulan

Baca: Longsor Susulan Terus Terjadi di Manado Tua, 41 Jiwa Warga Terancam

Baca: Curah Hujan Tinggi, Jalan Trans Sulawesi di Desa Sampiro Rawan Longsor

Saat ini 11 rumah yang terdampak longsor yang terdiri dari 15 kepala keluarga dan 41 jiwa mengungsi dari lokasi. Sejak longsor 15 Januari lalu, longsor susulan terus terjadi. Puncaknya pada 28 Januari, satu rumah amblas.

Tujuh rumah rusak ringan, tiga rumah rusak sedang dan satu rumah rusak berat. Umumnya warga lanjut usia yang mengungsi. Pemerintah setempat harus mengajukan proposal untuk bantuan.

"Sudah tak bisa ditempati lagi. Kalau sudah begitu, mau sampai kapan mengungsi. Pemerintah setempat harus ajukan proposal untuk bantuan pemerintah kota," ujarnya.

Dengan begitu, tindak lanjut dari Pemkot Manado akan memberikan solusi bagi warga untuk pemukiman baru. Pemkot pun menunggu proposal dari pemerintah kelurahan, diteruskan ke pemerintah kecamatan lalu ke pemerintah kota. (fin)

Penulis: Finneke Wolajan
Editor: David_Kusuma
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved