Tumanduk: Tujuannya Agar Pelaku Bertobat

Didoakan di gereja dan masjid merupakan satu di antara upaya jajaran kepolisian untuk menekan tindakan kriminal dan membuat pelakunya jera.

Tumanduk: Tujuannya Agar Pelaku Bertobat
ISTIMEWA
Dua pemuda mendapatkan pembinaan rohani; Mereka dibawa ke Gereja GMIM Sion Wolaang, Langowan Timur, Kabupaten Minahasa, untuk didoakan, Minggu (27/1/2019). 

Tumanduk: Tujuannya Agar Pelaku Bertobat

TRIBUNMANADO.CO.ID, LANGOWAN - Didoakan di gereja dan masjid merupakan satu di antara upaya jajaran kepolisian untuk menekan tindakan kriminal dan membuat pelakunya jera.

Polsek Langowan sejak tahun 2017 silam punya program yang namanya Tumou Tou hingga pekan terakhir Januari 2019 terus eksis.

"Ya bersyukur program ini terus jalan. Dan sampai saat ini sudah berhasil membina mental dan moral lebih dari 216 pelaku kejahatan," kata Kapolsek Langowan, Iptu Mardy Tumanduk Rabu (30/1).

Dia mengatakan, program Tumou Tou dirintisnya sejak menjabat sebagai Kapolsek bulan Mei 2017 silam. Program Tumou Tou dilakukan melalui sentuhan religi dengan melibatkan tokoh agama.

“Jika pelakunya beragama Kristen, lanjut Kapolsek, dibawa ke gereja, dan jika beragama Islam dibawa ke masjid. Tujuannya agar pelaku bertobat, tidak mengulangi perbuatannya,” ujarnya.

Program ini juga untuk menekan aksi kejahatan di wilayah hukum Polsek Langowan.

Menurut Kapolsek, berdasarkan pengalaman, ketika pelaku kejahatan masuk ke lembaga pemasyarakatan maka efek jera tidak ada, karena yang dibina hanya fisik atau jasmani saja, bukan mental dan moral.

Dirinya berharap, program Tumou Tou menjadi wahana pembinaan mental dan moral melalui pertobatan kepada Tuhan, sang Pemilik Kehidupan.

"Perubahan atau pengakuan serta pertobatan moral dan mental, itu bisa merubah pola perlakuan dan bentuknya. Tujuannya adalah pertobatan, sehingga berubah dari pola hidup yang salah ke hidup yang baru dan benar dalam masyarakat," tandas kapolsek.

Penulis: reporter_tm_cetak
Editor: Rine Araro
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved