Otban VIII Manado Samakan Persepsi Terkait Pemeriksaan Kargo dan Pos Bandara Samrat

Otban VIII Manado menyamakan persepsi pemeriksaan kargo dan pos di Bandara Samrat Manado

Otban VIII Manado Samakan Persepsi Terkait Pemeriksaan Kargo dan Pos Bandara Samrat
Istimewa
Otban VII Manado samakan persepsi terkait kargo dan pos di Bandara Sam Ratulangi. 

TRIBUNMANADO.CO.ID- Kantor Otoritas Bandar Udara Wilayah VIII Manado (Otban VIII Manado) melakukan pertemuan bersama para pihak terkait dalam rangka harmonisasi pendelegasian pemeriksaan kargo dan pos di Bandara Sam Ratulangi Manado, Senin (28/1/2019).

Rapat ini dihadiri General Manager PT Angkasa Pura I  (Persero) Sam Ratulangi, station manager maskapai, pimpinan perusahaan jasa angkut barang, serta para Inspektur Keamanan dan Inspektur  Dangerous Good pada Kantor Otban VIII Manado.

Kepala Kantor Otban VIII Manado yang diwakili Kepala Seksi  Keamanan Angkutan Udara dan Kelaikudaraan Joni Andri menjelaskan mengundang seluruh stakeholder untuk menyamakan persepsi terkait harmonisasi pendelegasian pemeriksaan keamanan kargo dan pos di Bandara Sam Ratulangi.

Baca: Penumpang Nyaman dan Aman Menunggu Pesawat di Concordia Lounge Bandara Samrat

Otoritas Bandara VIII Manado
Otoritas Bandara VIII Manado (Istimewa)

Katanya, sebagaimana Peraturan Menteri Perhubungan nomor PM 53  tahun 2017 tentang Pengamanan Kargo dan Pos menyebutkan bahwa Badan

Usaha Angkutan Udara (BUAU) dan Perusahaan Angkutan Udara Asing (PAUA) bertanggung jawab terhadap Keamanan Kargo dan Pos yang diangkut dengan  pesawat udara.

Baca: Saat Adang Tokoh 212, Ormas Adat Kesal Otoritas Bandara Sam Ratulangi Manado

"BUAU dan PAUA dapat mendelegasikan pemeriksaan keamanan  kargo dan pos kepada Regulated Agent atau Bandar Udara," kata Andri, sebagaimana dijelaskan dalam keterangan tertulis kepada Tribun Manado.
“Semua BUAU dan PAUA (airlines) diharapkan  dapat segera membuat dokumen pendelegasian pemeriksaan keamanan kargo  dan pos dan segera melaporkan perkembangannya kepada Kantor OBU Wilayah VIII," katanya. 

Rapat yang diselenggarakan di Aula Serbaguna Kantor Otban VIII ini juga  membahas hal-hal terkait kendala yang dihadapi airlines, ground handling,  jasa dalam pelaksanaan operasional terminal kargo khususnya penerapan
regulasi penerbangan. (ndo)

Penulis: Fernando_Lumowa
Editor: Herviansyah
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved