Negara-negara Lain Akan Terdampak Krisis di Venezuela

Namun demikian, hingga saat ini Rusia dan Cina tetap menyatakan dukungannya kepada kepemimpinan Maduro.

Negara-negara Lain Akan Terdampak Krisis di Venezuela
afp
Presiden Venezuela Nicolas Maduro 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Sejumlah negara khawatir kondisi politik dan ekonomi Venezuela yang kian memanas akan berdampak secara global.

Kondisi ekonomi Venezuela kian terpuruk.  Sebagian besar warga Venezuela menggelar demonstrasi menuntut Presiden Nicolas Maduro mundur dan di saat yang sama pemimpin oposisi Juan Guaido menyatakan diri sebagai presiden.

Pernyataan Juan langsung mendapatkan dukungan Amerika Serikat, Kanada dan sejumlah negara tetangga kuat seperti Brasil, Kolombia dan Argentina.

Sementara itu Uni Eropa sementara itu mendesak dilakukannya pemilihan umum baru dan menyatakan dukungan kepada Dewan Nasional yang dipimpin Guiado.

Namun demikian, hingga saat ini Rusia dan Cina tetap menyatakan dukungannya kepada kepemimpinan Maduro.

Pada pekan lalu, juru bicara Kementerian Luar Negeri Cina, Hua Chunying, mengatakan dalam sebuah konferensi pers bahwa Cina menentang "campur tangan" asing apa pun di Venezuela.

"Cina mendukung usaha Venezuela untuk melindungi kedaulatan nasional, kemerdekaan dan stabilitas," katanya seperti dilansir BBC.

Kondisi semakin memanas saat Menteri Luar Negeri AS, Mike Pompeo, kemudian mengatakan Amerika tidak akan melakukan hubungan diplomatik lewat pemerintah Maduro tetapi melalui Guaido.

"Amerika Serikat tidak memandang mantan Presiden Nicolas Maduro memiliki kewenangan hukum untuk memutus hubungan dengan AS atau menyatakan diplomat kami persona non grata," demikian isi pernyataannya. (*)

Editor: Charles Komaling
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved