Pesona Mata Air Konde Minahasa Tenggara, Kolam Renang Alami di Tengah Hutan

Untuk sampai ke Aer Konde, kamu harus berkendara menempuh jarak selama 3-4 jam dari Kota Manado.

Pesona Mata Air Konde Minahasa Tenggara, Kolam Renang Alami di Tengah Hutan
tribunmanado
Air Konde Minahasa Tenggara 

TRIBUNMANADO.CO.ID, RATAHAN -  Tempat wisata di Sulawesi Utara tidak hanya terletak pada pantai atau keindahan bawah lautnya saja. Di Kelurahan Wawali Pasan, Ratahan, Kabupaten Minahasa Tenggara, Provinsi Sulawesi Utara kamu bisa melihat pesona dari mata air bernama Aer Konde.

Keunikan dari Aer Konde adalah mata air yang keluar dari celah-celah bebatuan berbentuk gua kecil. Airnya sangat jernih. Bahkan kamu bisa melihat dasar mata air tanpa harus menyelam. Air konde adalah kolam renang alami yuang berada di tengah hutan.

Menurut kepercayaan warga sekitar, dahulu kala ada seorang perempuan yang kebetulan menemukan mata air dan kemudian dipakai untuk mandi. Sayangnya tusuk konde yang ia kenakan jatuh. Sejak saat itu mata air tersebut diberi nama Aer Konde. Namun, ada juga yang mengatakan kalau nama konde berasal dari bentuk mata air tersebut yang mirip konde.

Aer Konde juga sering disebut Aer Sapunan. Sapunan berasal dari kata Sapun yakni alat untuk menangkap udang. Hal itu karena banyak sekali udang yang hidup di sana. Namun masyarakat lebih mengenalnya dengan Aer Konde.

Salah satu penjaga pos Aer Konde Loske Ratuliu juga mengatakan dulunya tempat ini digunakan sebagai markas para prajurit Permesta untuk bergerilya.

"Dulu katanya goa-goa mata air disini sangat besar hingga bisa dimasuki manusia tapi karena perang dan pernah dijatuhkan bom ditambah sering terjadi tanah longsor maka lama-kelamaan goa-goa tersebut menyempit bahkan ada yang tertutup," ujar Loske.

Untuk sampai ke Aer Konde, kamu harus menempuh jarak selama 3-4 jam dari Kota Manado. Lokasinya tak sulit dicari karena Aer kode cukup dekat dari Kantor Bupati Minahasa Tenggara. Lokasinya yang agak tertutup seakan membuat Aer Konde adalah kolam pribadi.

Saat masuk ke kawasan mata air kamu akan disambut dengan gemuruh air sungai. Saat ini akses masuk sudah mumpuni. Sekitar 100 meter dari parkiran kamu sudah bisa melihat sungai kecil yang bersumber dari Aer Konde.

Karena Aer Konde memiliki panorama sangat indah, tak heran kalau tempat ini menjadi destinasi wisata alternatif. Bagi yang senang dengan wisata hiking Aer Konde sangat direkomendasikan. (*)

Penulis: Andreas Ruauw
Editor: Charles Komaling
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved