Tak Lulus SMP, Menteri Susi Pudjiastuti Malah Masuk Daftar Pemikir Terbaik Dunia: Berarti Aku Pintar

Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti mengaku senang namanya masuk daftar bergengsi Top 100 Global Thinker 2019.

Tak Lulus SMP, Menteri Susi Pudjiastuti Malah Masuk Daftar Pemikir Terbaik Dunia: Berarti Aku Pintar
TRIBUN BATAM/ARGIANTO DA NUGROHO
Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti melakukan peregangan (stretching) diatas KRI Baracuda 814 sebelum menyaksikan peledakan kapal ilegal asing di Perairan Dempo, Tanjung Pinang, Provinsi Kepri, Selasa (2 Februari 2015). 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti mengaku senang namanya masuk daftar bergengsi Top 100 Global Thinker 2019.

Nama Susi Pudjiastuti masuk ke dalam kategori 10 besar tokoh yang dianggap punya pengaruh di bidang pertahanan dan keamanan, versi majalah ternama Foreign Policy.

"Senang saya, berarti aku dianggap pintar dong, pemikirannya dianggap bagus dong. Gitu saja," kata Susi Pudjiastuti di kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Rabu (23/1/2019).

Baca: Ini Cara Camat Tomini Agar Masyarakat Tidak Melepasliarkan Ternaknya

Baca: Ahok bebas, Jika BTP Benar-benar Menikah Bulan Depan, Fifi Lety Bakal Lakukan Ini

Baca: Asrul Sani Bantah Isu Ahok Bergabung di Dalam Tim Kampanye Nasional Jokowi Maaruf

Menurut Susi Pudjiastuti, kebijakan penenggelaman kapal-kapal mencari ikan di laut Indonesia secara ilegal, bagian dari keamanan laut Indonesia, dan hal tersebut mungkin menjadi penilaian.

"Ya mungkin itu saja maksudnya, ya gembira, bangga. Gini-gini saya pemikirannya diakui, gitu kan?" papar Susi Pudjiastuti.

Dalam editorialnya, Foreign Policy memaparkan Susi Pudjiastuti berada dalam daftar karena komitmennya dalam mempertahankan kelestarian ikan serta biota laut.

Baca: Ahok Bebas, Ahokers Kecewa

Baca: Ahok Bebas - Ahokers Kirim Karangan Bunga Hingga Menginap di Luar Mako Brimob

Baca: Kalapas Pastikan Ahok Bebas Tanpa Ada Keistimewaan

Komitmen itu ditunjukkan dengan keberaniannya menelurkan kebijakan yang dianggap menakutkan, serta diperhatikan kawan maupun lawan.

Majalah Foreign Policy setiap tahunnya memang merilis nama-nama dalam Top 100 Global Thinker. Daftar tersebut dibagi ke dalam beberapa klasifikasi.

Susi Pudjiastuti ada di kelas Defense and Security bersama sembilan nama besar lainnya. Susi Pudjiastuti dianggap berhasil dalam mempertahankan dan mengamankan pasokan ikan dalam negeri dengan cara memberantas kapal-kapal pencuri ikan.

Baca: Pemkot dan Umat Tridharma Matangkan Perayaan Tahun Baru Imlek 2570 dan Perayaan Cap Go Meh

Foreign Policy mencatat, Susi Pudjiastuti dikenal dalam keberaniannya meledakkan dan menenggelamkan kapal pencuri ikan di teritori Indonesia. Cara Susi Pudjiastuti ini juga menimbulkan pro dan kontra. Susi Pudjiastuti juga dinilai tak malu menggunakan cara yang menakutkan itu.

Dalam daftar ini, Susi Pudjiastuti bersanding dengan orang-orang hebat lainnya di seluruh dunia. Berikut ini daftar lengkapnya:

Qassem Suleimani - Komandan Pasukan Quds Iran
Ursula von der Leyen - Menteri Pertahanan Jerman
Olga Sanchez Cordero - Sekretaris Dalam Negeri Meksiko
Abiy Ahmed - Perdana Menteri Ethiopia
Gwynne Shotwell - Presiden dan COO SpaceX
Alex Carp - Co-Founder dan CEP Palantir
Eliot Higgins - Jurnalis dan Pendiri Bellingcat
Vladislav Surkov - Ajudan Presiden Rusia Vladimir Putin
Sheikh Hasina - Perdana Menteri Bangladesh
Susi Pudjiastuti Pudjiastuti - Menteri Kelautan dan Perikanan RI.

 (Seno Tri Sulistiyono)

Artikel ini telah tayang di Wartakotalive dengan judul Namanya Masuk Daftar Pemikir Terbaik Dunia, Susi Pudjiastuti: Berarti Aku Dianggap Pintar Dong, http://wartakota.tribunnews.com/2019/01/24/namanya-masuk-daftar-pemikir-terbaik-dunia-susi-pudjiastuti-berarti-aku-dianggap-pintar-dong.

Editor: Indry Panigoro
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved