Tol II Buka Jalur Airmadidi-Amurang: Ini Daerah yang Dilewati

Sejak awal kepemimpinan, Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Steven Kandouw

Tol II Buka Jalur Airmadidi-Amurang: Ini Daerah yang Dilewati
Istimewa
Gubernur Sulut Olly Dondokambey saat meresmikan Jalan Tol Manado-Bitung 

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO – Sejak awal kepemimpinan, Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Steven Kandouw terus fokus membangun infrastruktur khususnya jalan tol.

Berdasarkan data Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Sulut, total jalan tol yang dioperasikan hingga Desember 2018 sudah 14,2 kilometer. Difungsikan mulai dari titik 10,8 kilometer (segmen pemerintah) dan 25,0 kilometer (segmen PT Jasamarga Manado Bitung). Sisanya akan dioperasikan dalam waktu dekat.

Kini Gubernur Olly siap mewujudkan pembangunan Jalan Tol II di Bumi Nyiur Melambai. Infrastrukyur ini diproyeksikan terhubung dari Tol Manado-Bitung, mulai dari Airmadidi, Kabupaten Minahasa Utara ke Tondano, Kabupaten Minahasa. Kemudian ke Kota Tomohon melewati Kawangkoan (Minahasa) hingga Amurang, Kabupaten Minahasa Selatan.

Kepala Dinas PUPR Sulut, Steve Kepel mengungkapkan, Jalan Tol II ini masih dalam tahap pembuatan feasibilty study (studi kelayakan). Perkiraan awalnya, tol ini dibangun sepanjang 60 kilometer atau dua kali lipat panjang Tol Manado-Bitung.

Steve mengungkapkan, belum tahu persis dana yang dibutuhkan untuk pembangunan tol. "Harus feasibility studi dulu dan dibuat basic design-nya," ungkap dia.

Dari feasibility study ini akan ditarik trase, titik-titik jalan yang akan dilintasi akan ketahuan. Studi ini juga komponennya macam-macam, termasuk satu di antaranya soal dana.

Pembangunan Sulut ke depan memang sudah memperhitungkan pembangunan jalan bebas hambatan. Itu termuat dalam Perda nomor 1 tahun 2014 tentang Rencana Tata Ruang Wilayah.

Sudah direncanakan pembangunan jalan tol Manado-Bitung, Manado-Tomohon, Tomohon-Amurang, Amurang Kaya dan Kairagi-Mapanget. "Jadi sesuai RTRW itu pembangunan tol itu hingga ke Bolmong," ujar dia.

Saat ini yang baru terwujud pembangunan Tol Manado-Bitung. Ruas yang ditetapkan dalam RTRW sudah ada tapi pemerintah perlu penyesuaian sesuai kebutuhan. Salah satu penyesuaian itu dengan merencanakan pembangunan tol dari Airmadidi, Tondano, Tomohon, Kawangkoan dan Amurang.

Alternatif lainnya, melintas Airmadidi, Tondano, Kawangkoan, Amurang. Tapi dibangun akses jalan keluar dari Kawangkoan ke Tomohon. "Jadi ada alternarif, Airmadidi-Tondano-Tomohon-Kawangkoan-Amurang, atau Airmadidi-Tondano-Kawangkoan-Amurang. Kemudian dibangun akses jalan keluar dari Kawangkoan ke Tomohon," ujar Steve.

Halaman
1234
Penulis: reporter_tm_cetak
Editor: Lodie_Tombeg
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved